munasprok

Tempat Wisata Belitung yang Dijadikan Tempat Syuting Laskar Pelangi

Masih ingatkah film laskar pelangi? Film ini pernah dibuat tahun 2008 yang menceritakan tentang persahabatan 10 anak dari keluarga kurang mampu yang ada di sekolah muhammadiyah desa Gantung, Belitung Timur dan mereka menyebut dirinya laskar pelangi.

Film ini mendapat banyak perhatian dan pernah booming pada zamannya, penonton film ini hingga 4.719.453 orang, yang disutradarai oleh Riri Riza, ditulis oleh Andrea Hirata.

Pasti Anda tidak asing lagi dengan salah satu adegan yang diambil dalam film laskar pelangi, ketika memperlihatkan sebuah pantai yang memiliki pemandangan indah di pulau Belitung yaitu pantai Tanjung Tinggi. Sudah tahukah pantai ini? Jika belum mari kita simak penjelasan lebih lengkap mengenai pantai Tanjung Tinggi, berikut ini.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai tanjung tinggi berada di kec. Sijuk kab. Belitung, Bangka Belitung yang dihampit dua semenjanjung yaitu tanjung pendam dan tanjung kelayang. Pantai ini menjadi salah satu tempat Tour Belitung yang paling terkenal di wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya yang sangat memukau dan sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Dinamai tanjung tinggi karena memiliki bebatuan besar yang menjulang tinggi, jarak pantai tidak jauh dari pantai kelayang dan dari kota tanjung pandan berjarak 31 meter.

Banyak batuan granit hingga ratusan yang menyebar di tepi pantai, granit tersebut memiliki berbagai ukuran dan berbentuk berbagai macam. Lebar pantai sangat dibilang cukup luas hingga 80 hektar, hamparan pasir putih halus berada di tepian pantai yang akan membuat Anda nyaman saat duduk santai di atasnya sambil menghilangkan depresi.

Tanjung tinggi dulu pernah menjadi pelabuhan bagi nelayan desa terdekat yang dinamakan pelabuhan bilik. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ingin berenang di pantai ini karena tidak ada hewan buas seperti hiu karena sampai saat ini belum pernah terlihat. Hanya terkadang ada ubur-ubur yang perlu diwaspadai.

Jika Anda ingin berkunjung namun jauh dari tempat tinggal Anda, tenang saja ada penginapan hotel terdekat yang tidak jauh dari lokasi pantai untuk harganya dibandrol dari Rp. 150.000 sampai Rp. 250.000 yang tiap kamarnya maksimal dua orang, dengan fasilitas TV, WiFi, kamar mandi, sarapan, AC. Selain itu, saat Andadi pantai dan merasa lapar bisa berkunjung di warung-warung tepi pantai, Anda bisa menikmati makanan sambil melihat indahnya dengan sejuknya udara pantai, makanan yang disajikan ada seafood, makanan khas belitung, dan makanan ekspor yang bisa Anda santap bersama teman, keluarga, pacar, atau rekan kerja.

Budget yang dikeluarkan jika kesini terbilang cukup terjangkau karena tiket masuknya Rp. 10.000, sedangkan untuk membayar parkir roda dua Rp. 5.000 dan roda empat Rp. 10.000 dan untuk spot wahana lainnya juga cukup murah. Pantai ini dikelola oleh warga sekitar pantai sebagai sumber pencaharian. Anda bisa mengunjungi tempat ini 24 jam karena wisata alam tidak menentukan waktu, tapi biasanya pengunjung ramai datang dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00

Objek Apa Saja yang Ada di Pantai Tanjung Tinggi?

Objek wisata pantai ini tidak hanya pantai biasa ada juga wisata lainnya agar pengunjung tidak bosan dengan pemandangan biasa seperti pantai pada umumnya. Inilah objek wisata yang ada di pantai Tanjung Tinggi yang wajib dicoba.

1. Berenang

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang yang aman untuk berenang dengan air yang jernih dan segar. Anda bisa berenang dengan santai sambil menikmati keindahan pantai yang memukau, pantai ini memiliki kedalaman diameter 100 meter. Namun, Anda perlu waspada walaupun tidak ada predator tapi banyak ubur-ubur yang terkadang cukup sering ditemukan di sekitar pantai.

2. Granit Raksasa

Spot foto yang paling disukai pengunjung adalah granit raksasa yang ada di bibir pantai yang menjulang tinggi, pengunjung akan mengambil spot foto disini karena cukup cantik saat diambil gambarnya. Ketika sore hari Anda bisa menikmati senja dengan tenang sambil melihat keindahan pantai dengan bebatuan granitnya.

3. Water Spot Adrenalin

Anda juga bisa mencoba wahana olahraga selain spot foto granit raksasa dan berenang, di tempat ini ada water spot yang dapat memacu adrenalin seperti jetski. Cobalah menjelajahi keindahan pantai dengan menggunakan perahu karet yang disewakan untuk pengunjung pantai dengan tarif yang cukup murah dan terjangkau. Selain itu, Anda bisa melihat biota laut yang sangat indah didalam air dengan ber-snorkeling.

Nah, itulah pantai Tanjung Tinggi yang pernah menjadi tempat syuting laskar pelangi di wisata belitung, pantai ini menjadi rekomendasi tempat wisata belitung yang wajib Anda kunjungi sebelum berkunjung ke wisata lainnya di pulau belitung, cobalah untuk berlibur menenangkan pikiran sekaligus menghilangkan rasa penat setelah bekerja.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan