munasprok
Search
Close this search box.

Kredit vs. Debit: Mana yang Lebih Baik untuk Keuangan Anda?

Kartu Kredit dan Kartu Debit

Selain memilih deposito dengan bunga deposito bri 100 juta, memilih kartu kredit atau debit juga harus Anda lakukan demi keuangan Anda yang lebih baik. Dalam artikel ini, kami akan membandingkan kartu kredit dan kartu debit mulai dari membahas keunggulan dan kekurangan masing-masing, serta membantu Anda menentukan mana yang lebih sesuai untuk Anda.

Melihat Keunggulan dan Kekurangan yang Dimiliki

Keunggulan kekurangan kartu debit dan kredit

Kartu kredit dan kartu debit adalah kartu yang disediakan bank dan memiliki aturan tertentu yang harus diikuti oleh penggunanya. Namun, kedua kartu tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Berikut adalah perbedaan dari kedua kartu tersebut dari segi kegunaannya.

Kartu Kredit

Sudah tak asing lagi ketika mendengar kata kartu kredit. Kartu tersebut merupakan alat pembayaran yang sangat umum dipakai oleh masyarakat. Dalam penggunaannya, kartu ini bisa juga disebut kartu utang yang bisa digunakan untuk transaksi lebih dari jumlah saldo yang dimiliki.

Keunggulan Kartu Kredit

Inilah keunggulan ketika Anda menggunakan kartu kredit :

  • Kemudahan bertransaksi. Kartu kredit ini memberikan kemudahan bagi pemegangnya untuk berbelanja dengan cepat dan efisien di berbagai jenis toko, baik fisik maupun online. Anda dapat melakukan pembelian besar atau kecil sesuai dengan kebutuhan dan Anda diberikan opsi untuk membayar tagihan tersebut secara keseluruhan pada akhir bulan atau bisa juga dicicil.
  • Cicilan. Seperti pada poin diatas, bahwa Anda memiliki opsi cicilan. Anda dapat memanfaatkan opsi cicilan tersebut untuk membeli barang mahal seperti elektronik dan perabotan tanpa harus membayar semuanya sekaligus. Namun, Anda harus tetap membayarnya ketika sudah ada tagihan masuk.
  • Jangka waktu pembayaran. Biasanya pemegang kartu kredit memiliki jangka waktu pembayaran sekitar 20 hingga 30 hari untuk membayar tagihan yang dimiliki sebelum dikenakan bunga. Dengan diberikan jangka waktu tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu.
  • Poin Reward dan Cashback. Salah satu hal menarik dari kartu kredit yaitu ada banyak poin reward dan cashback yang diberikan kepada pemegang kartu kredit. Dalam program tersebut, poin diberikan pada setiap saat Anda bertransaksi melalui kartu tersebut. Poin ini dapat Anda kumpulkan dan kemudian ditukar dengan berbagai hadiah yang ditawarkan.

Kekurangan Kartu Kredit

Terdapat sejumlah kekurangan yang perlu dipertimbangkan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

  • Utang yang berpotensi menumpuk. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda memiliki resiko hutang yang menumpuk karena tidak membayar tagihan pada setiap bulannya. Untuk itu, Anda harus menggunakan kartu ini dengan bijak.
  • Suku bunga tinggi. Semakin besar transaksi yang Anda lakukan, maka dapat semakin tinggi bunga yang akan Anda dapatkan. Hal ini tentunya dapat menjadi beban finansial Anda. Namun, Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan membayar tagihan secara penuh.
  • Ketergantungan pada kredit. Kartu kredit ini menawarkan kemudahan berbelanja yang bisa menjadi jebakan jika digunakan tanpa hati-hati. Anda dapat memiliki ketergantungan pada kartu kredit tersebut untuk memenuhi keinginan belanja atau gaya hidup Anda. Dampaknya, utang Anda bisa semakin banyak tanpa Anda sadari.
  • Perubahan suku bunga. Suku bunga yang dimiliki oleh kartu kredit dapat berubah sewaktu-waktu. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada tagihan Anda jika bunga tersebut semakin meningkat.

Kartu Debit

Tak sama dengan kartu sebelumnya, kartu ini terhubung dengan tabungan Anda. Kartu debit dapat Anda manfaatkan untuk bertransaksi di berbagai tempat dengan cara mengambil dana langsung dari saldo yang tersimpan di dalam tabungan Anda. Karena itu Anda tidak dapat melakukan transaksi dengan melebihi jumlah saldo yang Anda miliki.

Keunggulan Kartu Debit

Kartu debit ini memiliki beberapa keunggulan yang menjadikan pilihan baik dalam pengelolaan keuangan pribadi. Berikut adalah keunggulan dari kartu debit :

  • Tidak ada hutang berkepanjangan. Dengan tidak dapat melakukan transaksi lebih dari jumlah saldo yang dimiliki, menjadikan Anda tidak memiliki hutang dan tanggungan yang harus Anda bayarkan di kemudian hari. Hal ini menjadikan Anda tidak memiliki hutang yang dapat menjadi beban hidup.
  • Pengeluaran terkendali. Kartu debit ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk mengendalikan pengeluaran Anda dengan lebih baik. Anda hanya dapat membuat pembelian sesuai dengan saldo yang Anda miliki.
  • Tidak ada suku bunga. Dengan menggunakan kartu debit, Anda Tidak perlu pusing memikirkan bunga yang diberikan. Karena kartu debit ini tidak dikenakan biaya tambahan seperti pada kartu kredit.
  • Penggunaan yang luas. Kartu debit memberikan penggunaan yang sangat luas dalam berbagai aspek kehidupan. Hal itu dikarenakan kartu debit dapat diterima oleh sebagian tempat seperti berbelanja secara langsung, bertransaksi online, dan bertransaksi di ATM.

Kekurangan Kartu Debit

Meskipun memiliki banyak keunggulan, kartu debit ini memiliki kekurangan seperti dibawah ini :

  • Bertransaksi sesuai dengan saldo di rekening. Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa kartu debit ini hanya bisa digunakan untuk bertransaksi sesuai dengan jumlah saldo yang dimiliki. Tentunya hal tersebut tidak dapat membantu Anda untuk memenuhi keperluan mendadak dan melebihi saldo yang dimiliki.
  • Tidak ada diskon atau hadiah. Ini menjadi salah satu kekurangan kartu debit karena tidak menawarkan program reward atau diskon yang sering ditawarkan oleh kartu kredit.

Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

Untuk dapat menentukan pilihan terbaik, tentunya Anda harus melihat kebutuhan Anda serta tentukan pula cara Anda dalam mengelola uang. Jika Anda ingin memiliki kendali yang lebih baik atas pengeluaran Anda dan tidak ingin terlibat dalam hutang berkepanjangan, Anda dapat memilih kartu debit.

Namun, jika Anda merasa mampu dan dapat disiplin untuk membayar tagihan penuh setiap bulan, kartu kredit bisa Anda pilih. Hal itu juga dapat menjadi cadangan Anda ketika memiliki keperluan mendadak diluar perkiraan.

Nah itulah perbandingan antara kartu kredit dengan kartu debit. Anda dapat menentukan pilihan terbaik dengan memahami keunggulan dan kekurangan yang dimiliki. Selain itu, Anda juga dapat melakukan investasi dengan bunga deposito bri 100 juta untuk membantu keuangan Anda yang lebih baik lagi.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Didukung Oleh :

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan