munasprok
Search
Close this search box.

Perbaikan Laptop Sendiri: Langkah-langkah Mudah untuk Mengatasi Masalah Umum

Cara Mudah Memperbaiki Laptop

Perbaikan laptop secara mandiri dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang muncul pada laptop Anda. Bahkan, Anda juga dapat memperkecil pengeluaran Anda dengan tidak service laptop di pusat perbaikan. Simaklah berikut ini untuk mengetahui langkah mudah mengatasi masalah umum yang terjadi pada laptop!

Tips Merawat Laptop

Perbaikan Laptop Sendiri - Tips Merawat Laptop

Untuk menjaga laptop supaya tetap awet, diperlukan perawatan rutin yang harus Anda lakukan. Perawatan rutin laptop ini cukup mudah untuk dilakukan apabila Anda menyempatkannya. Berikut adalah tips merawat laptop yang paling umum dan sangat terbukti keampuhannya.

Menyimpan Laptop dengan Benar

Pilihlah tempat yang betul-betul aman untuk menyimpan laptop. Anda dapat memilih tempat yang aman dan bebas dari kelembaban yang berlebih. Selain itu, perhatikan pula barang-barang yang ada di sekitar penyimpanan laptop. Jika terdapat makanan atau minuman yang letaknya sangat dekat dengan laptop, alangkah baiknya makanan atau minuman tersebut disingkirkan terlebih dahulu untuk menghindari tumpahan yang dapat mengenai laptop Anda.

Tak hanya itu, tempat Anda ketika memakai laptop juga harus diperhatikan. Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan laptop dengan alas yang menyerap seperti kasur. Mengerjakan tugas di kasur memang sangat menyenangkan, namun hal tersebut sangat berdampak pada laptop Anda. Akibatnya, laptop Anda akan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh kekurangan udara jika hal tersebut terus dilakukan.

Menjaga Kebersihan Permukaan Laptop

Ketika Anda menggunakan laptop dengan sering, Anda perlu membersihkannya secara rutin untuk menghindari penumpukan debu yang ada pada laptop. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain berbahan lembut dengan ditambahkan cairan pembersih lensa. Kemudian, usapkan pada layar laptop Anda dan bagian-bagian lain yang dapat dibersihkan.

Selain untuk menjaga kebersihan laptop, membersihkan laptop secara rutin juga dapat meningkatkan kenyamanan Anda ketika menggunakan laptop. Mungkin saja Anda dapat merasakan malas ketika mengerjakan tugas namun dengan keadaan laptop yang kurang bersih. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan permukaan laptop secara rutin untuk menghindari kerusakan serta kemalasan mengerjakan tugas yang diakibatkan oleh laptop kotor.

Jaga Daya Baterai

Segera charger laptop Anda ketika baterainya sudah mulai habis. Laptop yang kehabisan baterai sampai mati ini dapat menyebabkan kerusakan atau kebocoran pada baterai laptop Anda. Paling tidak, Anda mencharger laptop Anda ketika baterai sudah berada di angka 20% dan mencharger dalam keadaan laptop yang sudah dimatikan. Namun jika kepepet, Anda dapat tetap menggunakan laptop Anda tetapi jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan meledak.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa menjaga daya baterai laptop juga dapat menjadi sarana penghematan bagi Anda. Anda tidak perlu mengganti baterai laptop Anda dan mengeluarkan uang lebih untuk perawatan laptop jika tidak mengalami kerusakan. Namun sebaliknya, Anda harus mengganti baterai laptop supaya laptop Anda dapat kembali digunakan tanpa cacat.

Memakai Anti Virus

Meskipun anti virus ini dapat dibilang cukup mahal, tetapi hal tersebut sangatlah berarti bagi laptop Anda kedepannya. Antivirus ini bekerja untuk mendeteksi dan menghapus berbagai jenis malware seperti virus, worm, dan lain-lain. Malware ini dapat membahayakan bagi Anda karena dapat mencuri data penting, merusak sistem operasi dan mengganggu kinerja pada laptop Anda.

Selain itu, anti virus ini juga sebagai perlindungan terhadap privasi Anda dengan mencegah peretas dan pencuri identitas untuk mengakses data pribadi Anda. Anti Virus ini dapat memonitor aktivitas yang mencurigakan dan memberitahu Anda tentang upaya peretasan. Karena itulah antivirus ini sangat penting untuk menjaga laptop Anda.

Masalah Umum pada Laptop dan Cara Mengatasinya

Perbaikan Laptop Sendiri - Mengatasi Masalah Umum

Seperti pada alat elektronik yang lain, laptop juga bisa mengalami permasalahan yang dapat mengganggu sistem kerjanya. Di bawah ini, kita akan membicarakan masalah umum yang kerap terjadi pada laptop serta tips untuk mengatasinya.

Performa yang Lambat

Salah satu masalah umum yang sering dijumpai ketika menggunakan laptop adalah performa laptop terasa lambat, terutama pada laptop yang sudah berusia atau sudah lama digunakan. Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat performa laptop Anda menjadi lambat, seperti banyak program berjalan secara bersamaan, ruang penyimpanan yang penuh, hingga adanya malware atau virus yang menyerang kinerja sistem pada laptop.

Sebelum mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebab lemotnya laptop terlebih dahulu seperti membersihkan file sampah, scan virus, hingga menggunakan cooling pad. Ketika menggunakan laptop, Anda bisa menutup program yang sedang tidak Anda gunakan agar tidak memberi terlalu banyak beban pada sistem kerja laptop. Hard drive yang rusak atau bermasalah dapat menyebabkan kinerja lambat, untuk itu Anda perlu memeriksa kesehatan hard drive Anda dan melakukan perbaikan apabila diperlukan.

Overheating

Laptop yang panas tidak hanya mengganggu saat bekerja, namun juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen laptop yang terkena panas tersebut. Meskipun memiliki kipas pendingin atau pengatur sirkulasi udara, laptop masih bisa mengalami overheating arena kelalaian saat pemakaian atau perawatan yang salah. Panas berlebihan pada laptop dapat disebabkan oleh ventilasi kipas yang terhalang debu atau kipas pendingin yang tidak berfungsi dengan baik. Pemakaian laptop pada permukaan tidak rata yang bisa memblokir sirkulasi udara juga dapat menyebabkan overheating.

Apabila laptop Anda sering mengalami overheat sebaiknya jangan terus diabaikan dan menganggapnya sepele. Cara paling umum untuk mengatasi laptop overheating adalah menggunakan kipas pendingin yang akan membantu mengurangi panas yang dihasilkan, Anda juga bisa membersihkannya apabila sudah sangat berdebu. Laptop yang panas tidak hanya dipengaruhi oleh mesinnya saja, namun juga suhu di sekitar ruangan yang terlalu panas. Suhu ruangan yang sejuk akan membantu cooling system untuk bekerja dengan lebih optimal.

Blue Screen

Kesalahan sistem yang akan membuat layar laptop hanya menampilkan warna biru saja. Semua sistem operasi Windows dapat mengalami blue screen ini, karena disebabkan oleh kesalahan sistem pada software atau hardware yang membuat sistem operasi terpaksa dihentikan. Meski pada akhirnya laptop yang mengalami blue screen akan melakukan auto restart yang membuatnya bisa beroperasi kembali seperti semula.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan scan malware untuk mengetahui apakah ada software yang berbahaya dalam laptop Anda. Jika masalah tidak terletak pada hardware, terdapat kemungkinan kesalahan ada pada hardware yang bisa Anda cari dimana kesalahan tersebut dengan memeriksa seluruh bagian serta komponen pada laptop. Cara terakhir adalah dengan instal ulang windows, nantinya akan membuat sistem operasi menjadi seperti baru.

RAM Penuh

Masalah umum terakhir yang akan kita bahas adalah RAM penuh sebab terlalu banyak program yang berjalan pada laptop. RAM sendiri akan mempengaruhi kecepatan kinerja pada laptop dalam berbagai aktivitas seperti bekerja hingga bermain game. Penggunaan RAM yang terlalu banyak juga dapat memperlambat laptop, apalagi jika kapasitas RAM terlalu sedikit daripada penggunaannya

Cara mengatasi RAM penuh yang paling umum dijumpai adalah mengurangi multitasking dan mematikan beberapa program yang tidak terlalu dibutuhkan. Menonaktifkan beberapa visual efek windows juga dapat mengurangi penggunaan RAM dan meningkatkan performa laptop Anda. Mengurangi banyaknya aplikasi di latar belakang juga dapat berpengaruh pada pemakaian RAM dan berdampak pada baterai laptop juga.

Dengan mengetahui beberapa masalah umum yang mungkin timbul pada laptop dan cara mengatasinya, Anda dapat mengoptimalkan kinerja dan masa pakai laptop Anda. Tetaplah waspada terhadap tanda-tanda masalah dan selalu mengutamakan perawatan dan pemeliharaan yang baik. Jika Anda membutuhkan laptop sementara untuk kebutuhan Anda, sewa laptop jakarta dapat memberikan solusinya, salah satunya adalah Ceratech Indonesia yang menyediakan sewa laptop untuk Anda. Mereka menawarkan layanan sewa laptop dengan berbagai pilihan laptop terbaru dan spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Didukung Oleh :

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan