munasprok

Peran Penting Laksamana Maeda dalam Membantu Mewujudkan Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus 1945 yaitu hari yang ditunggu-tunggu dan menjadi hal menggembirakan bagi seluruh rakyat indonesia karena bisa merasakan kebebasan dari para penjajah. Tentunya hal ini tidak lepas dari hasil perjuangan bagi bangsa Indonesia yang memang bersusah payah hingga rela mengorbankan jiwa dan raganya demi negeri tercinta ini. Dalam pelaksanaan kemerdekaan tidak lepas dari peran seorang perwira dari jepang yaitu Laksamana Muda Tadashi Maeda yang sangat peran penting dalam mewujudkan kemerdekaan.

Apakah Anda sudah tahu siapa Laksamana Maeda itu? Dan apa peran penting yang dilakukan dalam membantu kemerdekaan indonesia? Jika Anda belum mengetahuinya, sebaiknya kita simak bersama untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai laksamana maeda adalah sebagai berikut:

Profil Laksamana Maeda

Laksamana Maeda merupakan seorang yang berperan penting dalam membantu mewujudkan kemerdekaan negara Indonesia ini. Ia lahir pada 3 Maret 1898 di kota Kajiki, Jepang dan meninggal pada tahun 13 Desember 1977. Ia memiliki pangkat sebagai Laksamana Muda dan memiliki pasangan bernama Nishimura Fumiko serta anaknya yang bernama Nishimura Toaji Maeda.

Laksamana Maeda ini juga merupakan seorang yang berpangkat atau perwira tinggi di Angkatan Laut dari Kekaisaran Jepang. Ia masuk dalam Angkatan Laut saat berusia 18 tahun. Semasa Indonesia kedudukannya di bawah negara Jepang. Ia juga menjabat sebagai Ketua penghubung Angkatan Darat serta Angkatan Laut.

Laksamana Maeda, awalnya adalah seorang staf khusus dalam sesi urusan Eropa, sebelum ia ditugaskan untuk pergi ke Markas Angkatan Laut Ominato pada tahun 1932 sampai 1934. Laksamana Maeda ditugaskan untuk pergi ke Indonesia pada Oktober 1940 untuk menawarkan dalam membuat perjanjian dagang bersama pemerintah kolonial, yang salah satunya yaitu Jepang membeli minyak dari Indonesia.

Peran Beliau ketika Proklamasi

Sesuai yang sudah dijanjikan oleh Kuniaki Koiso yaitu menjanjikan kemerdekaan Indonesia. Laksamana Maeda kemudian membentuk sebuah Asrama Indonesia Merdeka tahun 1944. Alasan mengapa ia membentuk asrama ini yaitu supaya dapat menciptakan seorang pemimpin-pemimpin di negara Indonesia.

Namun, ketika Jepang dibom atom oleh sekutu yang terjadi pada bulan Agustus 1945, Menjadikan Jepang menyerah kepada sekutu yang kemudian disiarkan melalui Radio. Ketika berita ini terdengar oleh para pemuda, mereka pun sangat bersemangat dan mulai bangkit agar dapat mencapai kemerdekaan. Dari hal ini mereka pun menemukan solusi yaitu dengan cara kelompok golongan muda memaksa kepada golongan tua untuk bisa mempercepat kemerdekaan dengan cara membawa soekarno dan juga hatta dibawa pergi menuju Rengasdengklok.

Ketika kembali dari Rengasdengklok mereka telah tiba tepat di jam 10 malam di Hotel Des Indes Jakarta untuk dapat merumuskan naskah proklamasi. Akan tetapi, usaha mereka tertunda karena pada saat memesan tempat di hotel tersebut sudah tutup. Kemudian mereka menemukan cara lain yaitu dengan menghubungi Laksamana Maeda dan menawarkan rumah beliau dijadikan tempat untuk perumusan naskah proklamasi yang bertempat tinggal di Jalan Imam Bonjol No.1.

Mereka sangat menjamin tempat tinggal dari Laksamana Maeda sebagai tempat yang aman. Hingga pada akhirnya, Laksamana Maeda pun dengan senang hati menyetujui dengan meminjamkan rumahnya.

Alasan Beliau Mendukung Indonesia Merdeka

Cerita ini berawal ketika Laksamana Maeda mendesak seorang pemimpin yang bernama Laksamana Shibata yang merupakan pemimpin Angkatan Laut Jepang supaya memberikan kemerdekaan Indonesia. Menurut Laksamana Maeda, jika tidak memberikan kemerdekaan Indonesia, Jepang akan menerima kekalahan beruntun atau bertubi-tubi. Dengan demikian, tidak ada pilihan selain memberikan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, alasan mengapa beliau mendukung Indonesia merdeka yaitu karena beliau merasa simpati karena mengetahui perjuangan rakyat Indonesia yang dengan susah payahnya membela tanah air mereka untuk dapat mencapai kemerdekaan.

Itulah peran penting seorang Laksamana Maeda dalam membantu mewujudkan negara Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa kemerdekaan Indonesia dapat merdeka bukan karena Jepang yang memberikan. Akan tetapi, perjuangan bangsa Indonesialah yang dengan susah payah membela tanah air demi Indonesia dapat merdeka.

Mereka tidak ingin menyerah sebelum Indonesia bisa merdeka. Namun, dibalik kemerdekaan Indonesia, Laksamana Maeda menjadi salah satu seorang yang sangat berjasa bagi bangsa ini. Seiring berjalannya waktu, kini rumah beliau dijadikan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan