munasprok
Search
Close this search box.

Mengenal Pengertian dan Manfaat dari Aplikasi Payroll Dalam Dunia Kerja

Jumlah karyawan pada saat ini kian meningkat, gaji yang diterima secara rutin merupakan faktor yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Menjadikan perusahaan yang ada, mampu memastikan jika karyawan mereka mendapat gaji dengan akurat juga ketepatan waktunya. Tidak jarang jika saja proses dari penghitungan gaji karyawan memerlukan proses cukup lama, kesalahan dalam penghitungan jumlah gaji, penerimaan gaji yang lebih lama dari waktu yang ditentukan, ada juga seorang karyawan yang terus menerima gaji padahal sudah resign, sampai pada karyawan yang melakukan komplain terkait ketidaksesuaian jumlah gaji yang didapat.

Saat ini pemilik usaha kian mulai sadar, jika hanya menggunakan spreadsheet tidak mencukupi dalam menghitung gaji dari para karyawan dan mulai ambil dalam penggunaan payroll

Maksud Dari Payroll itu apa?

Sebelum masuk pada pembahasan terkait payroll, mari perjelas makna dari istilah gaji. Gaji sendiri merujuk pada sebuah kompensasi yang didapat karyawan yang berasal dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Tapi, tidak sedikit perusahaan yang menggunakan istilah gaji sebagai suatu uang yang diterima karyawan atau beragam catatan dengan isi yang berkaitan berapa jumlah dari uang yang karyawan inginkan.

Gaji sendiri memiliki pengaruh dengan dampak besar pada setiap bagian dari organisasi, reputasi dari sebuah perusahaan juga moral dari karyawan pun ikut terpengaruh. Misal saja karyawan merasa jika kurangnya gaji yang diterima, karyawan tersebut malah akan bekerja tidak maksimal. Sebab, gaji juga merupakan motivasi mereka dalam bekerja.

Pengertian Aplikasi Payroll

Suatu jenis dari software yang membantu perusahaan dalam penghitungan gaji dari karyawan merupakan maksud dari aplikasi payroll. Perhitungan tersebut kerap kali terdapat unsur lain, seperti absen karyawan, lembur, tunjangan, uang makan dan sebagainya.

Penggunaan software ini juga memudahkan perusahaan dalam menghitung gaji dari karyawan mereka, berdasar pada hasil penghitungan kehadiran dari mereka yang telah disandingkan pada sebuah sistem. Setelahnya, sistem akan secara spontan membagi dana atau gaji pada rekening dari karyawan yang sebelumnya telah didaftarkan.

Aplikasi payroll sendiri dapat melakukan perhitungan pajak maupun melakukan pemotongan terkait suatu hal sebelum gaji dari karyawan di total dan akhirnya diberikan pada karyawan.

Alasan kenapa software atau aplikasi payroll dibutuhkan perusahaan
Jalannya proses penggajian untuk karyawan harus digarap dengan teliti, akurat juga teratur dan harus terhindar dari sebuah kesalahan. Dengan itu, Anda tak boleh memandang rendah.

Kesalahan dari hasil penghitungan gaji sudah tidak menjadi suatu kekhawatiran bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi tersebut.

Manfaat Payroll Pada Dunia Kerja

1. Membantu dalam penghitungan gaji juga potongan tertentu

Jika penentuan dari gaji kotor telah ditentukan, dengan otomatis sistem tersebut mengkalkulasi potongan tertentu misalnya asuransi, BPJS, asuransi dan lainnya. Hasil kalkulasi dari potongan tadi akan masuk pada gaji kotor yang belum dikirimkan pada karyawan secara otomatis.

Aplikasi payroll ada juga yang dapat memasukkan biaya penggantian, suatu pengobatan tanpa penggunaan BPJS, serta pengeluaran lain dari karyawan tersebut dengan otomatis.

2. Membantu dalam pembuatan formulir pajak

Di beberapa software (aplikasi) payroll ada juga yang dapat membantu dalam membuat suatu formulir pajak, yang sesuai akan kebutuhan atau permintaan dari karyawan juga perusahaan. Hasil dari formulir tadi juga dapat dicetak dan bisa juga dikirimkan pada pihak tertentu yang berkaitan.

3. Membantu menyimpan sejumlah data dengan aman juga secara otomatis

Data yang disimpan manual tentu saja memerlukan waktu, juga kertas dalam jumlah banyak bahkan harus menyiapkan sebuah penyimpanannya.

Sekarang perusahaan tak perlu pusing memikirkan hal ini, karena aplikasi payroll sendiri diatur oleh suatu sistem. Jika sudah tak diperlukan data lama yang telah disimpan juga dapat dihapus.

4. Kebutuhan yang dapat disesuaikan

Tiap perusahaan tentunya mempunyai berbagai kebutuhan, dan tentunya akan berbeda dari perusahaan lainnya. Perusahaan dapat memilih aplikasi payroll yang sesuai untuk mereka. Mereka juga dapat menyampaikan apa yang dibutuhkan pada masing masing dari vendor.

5. Adanya self-service

Dengan menggunakan aplikasi ini, para karyawan dapat mengakses bermacam informasi terkait gaji, bonus, lembur dan sebagainya. Pada fitur ini, karyawan dapat melakukan sebuah pengajuan dengan otomatis, dan tidak harus repot membuat suatu surat permohonan untuk HRD.

6. Berbasis cloud

Aplikasi payroll sendiri hampir semuanya telah menggunakan basis cloud, ini memudahkan Anda agar dapat mengaksesnya kapan juga dimana saja selama perangkat yang Anda gunakan memiliki koneksi internet.

Update otomatis juga akan berlangsung pada sistem cloud ini terkait perubahan pada pajak, hingga gaji dari karyawan dipastikan selalu sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Demikian penjelasan terkait mengenal pengertian dan manfaat dari aplikasi payroll dalam dunia kerja.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Didukung Oleh :

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan