munasprok

Macam-Macam Teknik Dalam Melukis: Aquarel, Plakat, dan Dusel  

Cindy Laila Indahsari

Melukis dapat menjadi wahana untuk mencurahkan ide, gagasan, imajinasi, pemikiran, dan perasaan ke dalam suatu media lukis. Medium lukis yang digunakan pun beraneka ragam, tergantung teknik dan hasil akhir yang diinginkan. Kegiatan melukis dapat menjadi alat rekreasi atau hiburan hingga alat komersil dan bernilai jual profesional.

Pernahkah Anda berpikir bahwa melukis adalah suatu bakat alamiah? Namun menurut penelitian, melukis merupakan sesuatu yang dapat digapai dan dipelajari, terutama bagi yang memiliki minat dan kemauan untuk belajar. Tentunya, dengan syarat usaha konsisten dalam proses penuangan kreasi.

Nah, tulisan kali ini akan mengulik macam-macam teknik yang dapat diterapkan dan dipelajari dalam melukis, yakni teknik aquarel, teknik plakat, dan teknik dusel.

Mengenal Teknik Aquarel Dalam Melukis

Bagi yang terbiasa dengan dunia gambar dan lukis, pasti tidak asing mendengar teknik aquarel. Seperti yang kita ketahui “aqua” pada kata “aquarel” memiliki arti air. Teknik ini menggunakan cat air yang terbilang encer untuk mendapatkan hasil berupa goresan-goresan tipis transparan pada gambar. 

Teknik ini menggunakan kertas lukis atau kertas gambar sebagai medium. Pengaplikasiannya dengan sapuan halus untuk hasil yang samar-samar. Berikut hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika melukis menggunakan teknik aquarel.

Persiapkan medium, alat, dan bahan sebaik mungkin. Meskipun bahan yang digunakan cenderung sederhana, tetapi perlu pemilihan yang tepat. Penggunaan medium lukis diusahakan memilih kertas aquarel untuk hasil yang optimal. 

Pemilihan cat air juga sangat mempengaruhi hasil. Pilih cat air dengan standar kualitas. Dengan indikator cat berwarna cerah, tajam, dalam kondisi bagus, dan tidak cepat kering. Pemilihan kuas paling sesuai untuk teknik ini yakni kuas cat air.

Gambar yang dihasilkan dengan teknik aquarel memiliki ciri khas samar-samar dan terkesan santai. Cocok bagi yang ingin mempelajari penuangan ide-ide kreatif dan perasaan yang bersifat bebas, santai, dan tidak terlalu kaku melalui teknik ini.

Teknik Plakat Dalam Melukis Cocok Untuk Tujuan Komersil?

Pada banyak kondisi, hasil lukisan dengan teknik plakat memang lebih bertujuan untuk komersil atau dapat dikatakan bernilai ekonomi. Meskipun tak menutup kemungkinan teknik-teknik lain juga dapat menghasilkan lukisan bernilai ekonomi.

Teknik plakat menggunakan medium berupa kanvas, kertas lukis, dan medium lain yang memungkinkan dilukis dengan cat akrilik, cat minyak, maupun cat air. Lalu apa bedanya dengan teknik aquarel? Teknik plakat melukis dengan menorehkan garis-garis sapuan tebal dan terlihat tegas.

Hasil lukisan teknik ini lebih jelas, terkesan kaku, serius, formal karena cenderung menggunakan cat pekat yang menutupi keseluruhan media. Teknik ini marak digunakan pelukis profesional untuk tujuan komersil karena bernilai ekonomi.

Berkenalan Dengan Teknik Dusel

Pernahkan Anda ketika berpikir atau merenung sambil mencoret-coret pensil dan membentuk gambar tertentu? Nah, teknik dusel merupakan teknik menggambar atau melukis dengan alat pensil yang agak dimiringkan, kemudian digosok. Namun, alat yang dapat digunakan pada teknik ini tidak hanya pensil, dapat pula kapas atau tangan. Pada intinya teknik ini dilakukan dengan cara digosok.

Hasil akhir yang diperoleh yakni lukisan atau gambar dengan warna gelap dan terang hasil arsiran menggunakan pensil. Teknik ini cenderung lebih santai, bahkan hanya memerlukan alat dan bahan yang sangat sederhana.

Cukup menyiapkan pensil dan medium, biasanya kertas. Pensil agak diposisikan miring untuk membuat arsiran gambar gelap dan terang yang membentuk suatu pola. Teknik ini dapat dipelajari dan dipraktikkan oleh siapa pun karena memerlukan persiapan yang tidak begitu rumit. 

Bagaimana, setelah membaca uraian di atas telah mendapat gambaran bukan untuk macam-macam teknik dalam melukis? Hal yang perlu menjadi perhatian juga ketika melukis, yakni bagaimana ide, gagasan, pemikiran, atau pun perasaan dituangkan dengan komposisi yang tepat.

 Proporsi gambar juga tak lupa menjadi perhatian pelukis, bagaimana perbandingan tiap bagian yang di gambar. Memadukan keterampilan dan kepekaan dalam proses melukis akan menambah nilai dalam karya lukis yang dihasilkan.

Untuk anda pecinta game Free Fire atau biasa dikenal dengan FF, bisa juga melukiskan nickname ff dengan menggunakan salah satu teknik melukis tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan