munasprok
Search
Close this search box.

Ini Dia Sejarah Kota-Kota Tua di Indonesia

Di Indonesia memiliki banyak kota yang hampir puluhan, bahkan banyak kota yang sudah berdiri sejak jaman dulu dan disebut sebagai kota tertua. Tidak hanya itu kotanya sendiri pastinya memiliki sejarah awal mulanya didirikannya.

Konon katanya sejarah tersebut bisa dilihat pada bangunan tua yang ada di daerahnya masing-masing. Lebih hebatnya lagi lokasi di Indonesia memiliki nuansa berbagai macam seperti vintage, oldies, dan retro.

Bahkan kota tua yang ada di Indonesia memiliki sejarahnya sendiri. Nah, bagi Anda yang tertarik mengenai sejarah kota-kota tua, yuk kita simak beberapa kota tua tersebut, berikut ini.

 

1. Kota Tua Bandung

Kota yang pertama adalah Bandung yang sudah ada sejak zaman penjajahan dan menjadi saksi bisu para pejuang melawan penjajah. Nuansa kota ini vintage ada di jalan Asia Afrika dan Braga.

Selain itu ada juga bangunan tua dengan gaya art deco yang masih kokoh hingga sekarang. Mempertahankan juga atmosfer retro yang dijadikan tempat wisata untuk belanja maupun berburu kuliner, dan di sana akan merasakan seperti kembali ke jaman dulu.

2. Kota Tua Jakarta

Jakarta menjadi ibu kota Indonesia yang memiliki sejarah panjang dari zaman sebelumnya, seperti sisa dari Batavia yang bisa di lihat dari bangunan tua yang ada dan masih indah hingga sekarang. 

Ada Jembatan Kota Intan, Museum Fatahilah dan Museum Bank Indonesia yang makin bagus karena sudah mendapatkan sedikit perbaikan. Keunikan tersebut dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara, dan menjadi tempat tujuan utama ketika berkunjung ke Jakarta, nuansa disana retro dan oldies.

3. Kota Tua Kediri

Di kota Kediri ketika Anda mengelilingi jalan Doho akan merasakan nuansa kota tua di Indonesia. Meskipun sudah banyak yang dimodifikasi dan di renovasi namun tidak merusak nuansa tua yang ada di sana Anda tetap bisa merasakannya.

4. Kota Tua Mataram

Kota Mataram tepatnya ada di Ampenan disana seperti ada di daerah Eropa jaman dulu karena banyak bangunan yang bernuansa oldies masih berdiri dengan kokoh. Masyarakat menjadikan tempat tersebut sebagai kawasan kota tua di negara Indonesia, bahkan kerap dijadikan tempat foto prewedding. 

5. Kota Tua Medan

Selanjutnya ada kota tua medan yang memiliki banyak bangunan tua menakjubkan dan indah. Khususnya untuk daerah Kesawan atau gedung London Sumatera yang berdiri dari tahun 1906, dinamakan seperti itu karena mirip dengan bangunan Belanda.

Di gedung tersebut ada 5 lantai dan lantai pertama memiliki lift saat ini, bahkan sudah menjadi perkantoran dan namanya berubah menjadi PT Perkebunan London Sumatra. Tidak hanya itu ada juga rumah seseorang penguasa cina bernama Chong A zaman dulu yang menambah nuansa kota tua.

6. Kota Tua Padang

Orang daerah sekitar perkotaan tua ini menyebutnya dengan Padang Lama, disana banyak hal yang bisa di lihat seperti gedung kolonial tua, dan ada juga cafe legendaris yang memiliki nuansa retro. Ketika mengunjungi tempat ini Anda akan merasa seperti di jaman dulu.

7. Kota Tua Pelembang

Ada juga kota tua pelembang yang sudah ada dari 682 masehi, memiliki banyak bangunan tua dengan sejarah dan ikoniknya sendiri. Apabila Anda ingin merasakan suasana seperti masa lampau bisa berkunjung ke tempat ini, lokasinya ada di Sekanak atau ada di jalan Jendral Sudirman hingga Jembatan Ampera.

8. Kota Tua Semarang

Bangunan tua di kota Semarang yaitu Gereja Blenduk yang merupakan gereja yang memiliki kubah berbentuk bundar hampir mirip masjid. Lawang sewu suasananya sangat antik dan memukau mata. Kota ini memiliki sejarah panjang dengan bangunan tua yang ada.

Perlu Anda tahu juga bahwa bangunan di kota tua Semarang masih berjalan sesuai dengan fungsinya. Ada juga cafe dengan suasana vintage akan ditemukan di beberapa lokasi, yang membuat unit kota Semarang classic feel.

9. Kota Tua Salatiga

Kota yang ada di tengah kota Semarang dan Solo adalah kota Salatiga dengan banyaknya sejarah yang ada. Di Salatiga terdapat bangunan tua yang masih dilestarikan, seperti GPIB (Gedung Protestan Indonesia Bagian Barat).

Bangunan tersebut bergaya Belanda yang ada di jalan Diponegoro nuansanya sangat terasa retro dan oldies. Namun ada beberapa bangunan yang dijadikan sebagai kantor dan tempat wisata.

10. Kota Tua Tegal

Terakhir ada kota tua Tegal ada banyak bangunan tua yang sekarang sudah menjadi tempat wisata. Ikonik dari kota tersebut adanya menara air dari bangunan tua, selain itu ada bangunan tua yang masih berfungsi hingga sekarang seperti Pangkalan TNI AL Tegal.

 

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai kota-kota tua di Indonesia. Semoga penjelasan tersebut dapat menambah wawasan dan ilmu bagi Anda.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Didukung Oleh :

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan