Fakta Unik Bangsa Mongol Sebagai Kekaisaran Terbesar Kedua Didunia Dalam Sejarah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kekaisaran bangsa Mongolia ini merupakan kekaisaran terbesar kedua dalam sejarah di dunia ini. Kekaisaran mongol ini mengalahkan kuasnya Imperium Britania dan menguasai jutaan Km pada puncak kejayaan dan keemasannya. Penduduk yang menduduki negara ini kurang lebih 100 juta orang. Semua penduduk tersebut menjadi orang yang paling kuat diantara semua kekaisaran di dunia ini pada abad pertengahan.

Kekaisaran mongol ini berdiri pada abad 1206 dan didirikan oleh Genghis Khan. Puncak kejayaan dan keemasan bangsa mongol ini telah dicapai pada masa pimpinan Kubilai Khan. Kubilai Khan ini menjabat pimpinan pemerintah pada abad 1260 sampai abad 1294.

Berikut ini penulis akan memberikan fakta unik bangsa mongol sebagai kekaisaran terbesar kedua di dunia dalam sejarah. Yuk, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Sejarah Berdirinya Kekaisaran Bangsa Mongol

Sejarah Berdirinya Kekaisaran Bangsa Mongol

Pada awalnya, bangsa mongolia ini terdiri dari beberapa banyak suku yang nomaden. Suku-suku tersebut pekerjaannya menggembala ternak. Kemudian suku-suku tersebut pindah dan mengikuti musim yang tinggal di tenda sementara.

Pada waktu yang sama, suku suku tersebut sering berselisih ketika bersama. Hal ini dikarenakan permasalahan lain dan sebagainya.

Kemudian Genghis khan ini lahir dalam keadaan kemiskinan. Sehingga Genghis khan ini berusaha untuk bekerja keras untuk mendapatkan yang diinginkan. Hingga akhirnya, pada suatu hari genghis khan tersebut menjadi seorang komandan militer untuk Tughril, seorang kepala suku kerait.

Berawal dari situlah, kemudian ia mulai memperluas kekuasaannya. Cara yang dilakukan yaitu melalui diplomasi atau peperangan dengan suku lainnya. Setelah berhasil menyatukan beberapa suku nomaden di bawah kekuasaan, kemudian Genghis Khan ini mendirikan sebuah kekaisaran pada abad 1206 M. Hingga akhirnya, kekaisaran tersebut dikenal dengan sebutan kekaisaran mongol.

Perkembangan Kekaisaran Mongol

Di Bawah kekuasan dan kepemimpinan Genghis Khan, Kekaisaran mongolia ini mampu bertahan dan berkembang pesat dalam waktu yang singkat. Pada awal pemerintahan genghis khan ini dipenuhi banyak konflik dan peperangan. Selain itu kepemimpinan ini juga dipenuhi dengan ekspedisi yang dimulai dari DInasti Xia Barat di bagian China utara sampai Kerajaan Khawarizmi yang terletak di Persia.

Kemudian pasukan kekaisaran mongol tersebut terdiri dari penunggang kuda dan pemanah yang cukup handal. Hal ini sudah terbukti di wilayah suku-suku tersebut. Selain itu, pasukan mongol tersebut berhasil mengalahkan pasukan dari negara Iran, Rusia, Eropa timur, dan negara China.

Hal ini bermula dari negara Mongolia yang berada di Asia Timur. Hingga akhirnya kekuasaan tersebut membentang hingga ke Eropa Timur, Eropa Tengah ke Laut jepang, Samudra Arktik, Benua india, Asia Tenggara Daratan, Dataran Tinggi iran dan Pegunungan Carpathia hingga ke Perbatasan Eropa utara.

Masa Kejayaan Kekaisaran Mongol

Kekaisaran mongol ini pernah jaya pada masa pimpinan yang diperintah oleh Kubilai Khan. Kubilai khan ini menjabat pada abad 1260 sampai 1294. Pada masa pemerintahan kubilai khan ini membangun reputasi yang cukup baik dan diterima oleh masyarakat setempat. Sehingga ia dijuluki sebagai penakluk hebat sebelum akhirnya menjadi seorang kaisar.

Setelah berkuasa menjadi seorang kaisar, Kubilai aktif membangun sarana dan prasarana umum. Sarana prasarana tersebut antara lain sekolahan, ekspansi wilayah sekitar,mengeluarkan uang kertas, dan mendukung berbagai macam kebijakan untuk pertumbuhan ekonomi yang maju.

Hingga akhirnya banyak para pedagang dari China yang bergadang dengan aman. Kekaisaran mongol ini memberikan dampak dan kontribusi yang cukup besar bagi kebudayaan di dunia. Kemudian Kubilai khan ini memperluas rute perdagangan dan aktivitas penjelajahan hingga ke Timur Jauh. Selain itu, kubilai khan juga mempercayakan jabatan kaisarnya di istana kepada penjelajah asal Italia yang bernama Marco Polo

Kemudian, Marco Polo ini menjadi pegawai kekaisaran mongol selama kurang lebih 16 tahun. Dan hingga akhirnya marco ini kembali lagi ke Venesia pada abad 1291. Pada masa pemerintahan Marco dia melakukan invasi dari negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur. Praktek Ekspansi ini berhasil dilakukan dan akhirnya berhasil memperluas wilayah kekaisaran secara signifikan.

Disamping memajukan kekaisarannya, Kubilai khan ini juga menjadi seorang kaisar di Dinasti Yuan, China. Dan kemudian pada abad 1271, Kubilai Khan ini resmi menyatakan berdirinya Dinasti Yuan. Kekaisaran ini dibangun dengan gaya yang cukup tradisional. Selain itu, kubilai khan juga memindahkan ibu kota China ke Beijing. Kubilai berhasil menaklukan Dinasti song pada abad 1279 dan menjadi bangsa asing yang dapat menyatukan seluruh China menjadi satu.

Fakta Bangsa Mongol Pernah Menguasai Dunia dan Kekaisaran Terbesar Dalam Sejarah

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik mengenai bangsa Mongol yaitu sebagai berikut :

1. Wanita Mongol Sama Kuatnya Dengan Pria Mongol

Beberapa sejarawan menggambarkan pria mongol ini sebagai penakluk yang menakutkan dan perkasa, tetapi sering mengabaikan wanita mongol. Saat pria sedang menjadi pejuang, wanita mongol ini juga berjuang dalam menjaga kestabilan ekonomi. Selain itu wanita mongol ini juga memegang posisi teratas dalam agama shamanisme. Beberapa diantaranya, wanita mongol bahkan menjadi pimpinan mongol.

2. Sistem Pos yang Sangat Efisien

Bangsa mongol ini rata-rata menjadi seorang penggembala dan pengembara. Sehingga mereka membuat telekomunikasi yang efisien dengan pemimpinnya. Akan tetapi hal tersebut sulit untuk dilakukan. Hingga akhirnya, mereka memecahkan masalah tersebut dengan menciptakan dan membuat sistem pos yang efisien. Sistem pos tersebut disebut juga dengan Yam atau pos pemeriksaan.

3. Taktik Perang yang Cukup Menakutkan

Bangsa mongol ini terkenal dengan ahli taktik peperangan yang efektif dan menakutkan. Mereka mengasah keterampilan tersebut dengan pengalamannya mengembara dan bertarung.

Bangsa-bangsa mongol ini mengandalkan taktik kejutan. Taktik tersebut seperti pura-pura menarik pasukan, serangan dalam kondisi mendadak, perang psikologis, dan juga penyanderaan yang menggunakan perisai manusia.

4. Bangsa Mongol dan Jalur Sutra

Fakta menarik berikutnya adalah jalur sutra. Pada saat pemerintahan Genghis Khan merupakan penakluk jalur sutra. Jalur ini merupakan rute perdagangan antar Negara Asia dan Eropa. Menariknya lagi, jalur sutra ini digunakan sebagai salah satu sumber pendapatan terbesar kekaisaran mongol.

Menyadari bahwa pasukannya terlalu banyak dan tidak dapat menaklukkan rute tersebut, kemudian genghis khan mengadopsi strategi dengan cara sekunder.

5. Pax Mongolica

Periode ini merupakan salah satu periode perdamaian dan keamanan di wilayah yang dikuasai oleh bangsa Mongol selama abad ke 13 dan 14. Pada masa tersebut, kerajaan mereka membentang luas hampir 15 juta km dan dapat menampung penduduk kurang lebih 100 juta penduduk.

Karena kerajaan tersebut mempunyai wilayah yang cukup luas, dengan menggunakan sistem komunikasi yang efektif dan menggunakan sistem pos yang efisien, kekaisaran mongolia berhasil menjadi kekaisaran yang maju dan berkembnag pesat.

Itulah tadi pembahasan mengenai sejarah, perkembangan, kejayaan, dan fakta bangsa mongol sebagai kekaisaran terbesar kedua di dunia dalam sejarah. Anda dapat mengetahui fakta unik dan menarik lainnya mengenai bongso mongol yang berkembang maju dan menjadi kekaisaran terbesar.