munasprok
Search
Close this search box.

Etnografi : Definisi dan Konsep Dasar Tentang Penelitian Etnografi

Etnografi merupakan sebuah studi penelitian melalui pengamatan langsung terhadap masyarakat di lingkungan mereka, tujuannya yaitu agar dapat memperoleh pemahaman mengenai bagaimana masyarakat berinteraksi dengan hal-hal di lingkungannya. Pada artikel ini, kami akan memberikan sebuah pengetahuan mengenai Etnografi, mulai dari definisi hingga konsep dasar penelitiannya. 

Pengertian Etnografi 

Penelitian etnografi adalah penelitian kualitatif yang meneliti sekelompok orang dalam hal  perilaku serta interaksi sosial di dalam lingkungan asli mereka sendiri. Hal ini dapat diartikan sebagai penelitian mempelajari seseorang dalam konteks budaya dan masyarakat, terutama melakukan pengamatan. 

Contoh dari penelitian etnografi adalah, seorang antropolog dapat melakukan penelitian etnografi dengan pergi ke sebuah pulau terpencil, lalu menetap disana dengan waktu yang lama atau berabad-abad, dan mempelajari masyarakat setempat serta budaya mereka melalui pengamatan dan partisipasi aktif. Salah satu tokoh terkenal dalam hal penelitian etnografi adalah Margaret Mead yang melakukan studi etnografi mengenai Coming of Age in Samoa pada tahun 1928. 

Meskipun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian etnografi ke pulau terpencil, terdapat beberapa konsep penting etnografi yang dapat Anda lakukan untuk melakukan penelitian ini: 

  • Menghargai pentingnya konteks budaya.
  • Memberi perhatian pada sudut pandang subjek penelitian.
  • Mendokumentasikan dengan detail tentang kehidupan dan orang-orang yang diteliti.
  • Melakukan pengamatan dari dalam masyarakat.
  • Mengambil pendekatan holistik dan kualitatif dalam memahami realitas kehidupan manusia. 

Konsep Penelitian Etnografi

penelitian etnografi

Dalam melakukan sebuah penelitian terhadap Etnografi, terdapat berbagai metode atau konsep yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih salah satunya untuk diterapkan dalam penelitian Etnografi Anda sendiri. Berikut ini terdapat ulasan yang sudah ditulis secara rinci mengenai konsep penelitian Etnografi : 

Pengamatan Pasif

Pengamatan pasif merupakan salah satu dari beberapa konsep penelitian Etnografi yang pada dasarnya digunakan untuk memahami dan mendeskripsikan budaya serta perilaku manusia melalui observasi yang mendalam dan partisipasi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kelompok atau komunitas tertentu. 

Konsep penelitian ini, menjadi konsep penelitian Etnografi yang populer, mengapa dikatakan populer? Karena konsep ini memungkinkan Anda untuk sepenuhnya fokus pada subjek penelitian dengan mempertahankan aspek orang luar. Namun perlu digaris bawahi, bahwa Anda tidak dapat berasumsi bahwa perilaku subjek Anda tidak terpengaruh oleh kehadiran Anda. Walaupun Anda tidak berinteraksi dengan mereka, namun Anda harus selalu mewaspadai bias yang dapat terjadi akibat kehadiran Anda

Observasi Partisipan Aktif

Berbeda dengan pengamatan pasif, pengamatan aktif atau observasi aktif melibatkan interaksi langsung dengan subjek studi Anda, melakukan kerja sama bersama subjek studi Anda, sampai seolah – olah menjadi bagian dari kelompok atau tim subjek studi Anda. Observasi partisipan aktif ini merupakan sebuah konsep penelitian yang berfokus pengembangan produk yang menyerupai jenis penelitian yang dilakukan dalam etnografi tradisional, seperti dalam bidang antropologi. 

Manfaat utama dari observasi partisipan aktif adalah Anda dapat menjadi bagian dari aliran alami proses atau lingkungan subjek penelitian Anda, yang memungkinkan Anda tidak hanya mengamati perilaku mereka saja tetapi Anda dapat lebih memahami perspektif mereka. 

Wawancara

Konsep penelitian dengan menggunakan cara wawancara dapat dilakukan sebagai bentuk penelitian yang dapat digunakan sebagai penelitian tambahan untuk observasi partisipan. Dalam Etnografi, konsep ini menindaklanjuti pengamatan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada subjek agar mendapatkan lebih banyak wawasan mengenai apa yang sedang dilakukan, mengapa mereka melakukan hal tersebut, dan seperti apa cara dan proses berpikir mereka. 

Secara umum, jika hanya menggunakan konsep wawancara untuk melakukan penelitian Etnografi, maka hal tersebut tidak benar-benar memenuhi syarat sebagai metode atau konsep penelitian, bahkan ketika dilakukan di lingkungan alam. Namun, jika konsep penelitian ini dilakukan sebelum atau sesudah observasi partisipan, hal tersebut dapat memberikan wawasan berharga pada saat Anda menindaklanjuti observasi Anda dengan lebih dalam lagi.

Keunggulan Etnografi

Kelebihan utama yang dimiliki oleh penelitian etnografi yaitu kemampuannya mengidentifikasikan dan menganalisis isu – isu yang tidak terkira. Dalam penelitian berbeda yang tidak berdasarkan penglihatan atau hubungan langsung, terlalu gampang dalam melewatkan masalah yang tidak terkira. Hal tersebut dapat terbentuk karena pembahasan yang tidak diajukan dengan tepat atau responden tidak mengucapkan hal-hal yang penting. Maka dari itu penelitian etnografi yang berada di lapangan membantu mengurangi risiko dari hal tersebut. 

Kelebihan lain dari etnografi adalah etnografi pada dasarnya dianggap sebagai kemampuan untuk dapat memberikan representasi rinci dan akurat mengenai tingkah laku dan perbuatan masyarakat. Karena pendekatan etnografi bersifat individual, penelitian etnografi yang dilakukan oleh para pengkaji yang berpengalaman sangat bermanfaat dalam mengungkap dan menganalisis tingkah laku serta emosi yang sesuai dari pengguna. 

Kelemahan Etnografi

Masalah penting dalam penelitian etnografi adalah durasi yang dibutuhkan untuk menjalankan observasi atau penelitian. Meskipun penelitian ini kadangkala tidak membutuhkan durasi atau waktu yang tergolong panjang, namun penelitian etnografi ini cenderung lebih menghabiskan waktu yang panjang jika dipertimbangkan dengan jenis penelitian yang lainnya. Apakah yang menjadi sebab dari hal tersebut?

Hal tersebut pastinya dikarenakan metode etnografi ini melibatkan pengamatan langsung dan keterlibatan aktif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang diteliti. Peneliti harus menghabiskan waktu yang cukup lama di lapangan untuk memahami budaya serta kehidupan mereka secara mendalam. Itulah sebabnya mengapa penelitian etnografi ini menghabiskan waktu yang cenderung lama. Dengan demikian, penelitian etnografi ini memerlukan kesabaran yang tinggi untuk menghasilkan laporan penelitian yang mendalam tentang budaya dan kehidupan masyarakat yang diteliti.

Jika Anda ingin mengetahui serta memahami kehidupan atau budaya masyarakat setempat, penelitian etnografi mungkin dapat menjadi cara yang baik untuk dapat benar-benar memahami masyarakat setempat dan tantangan yang mungkin mereka hadapi saat menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, penelitian Etnografi mungkin akan dapat dilakukan dengan kurun waktu yang lama, jadi pastikan bahwa Anda menggunakan konsep penelitian yang sesuai agar Anda menemukan jawaban dari pertanyaan penelitian. 

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Didukung Oleh :

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan