munasprok

5 Rekomendasi Film Sejarah Berlatar Hindia-Belanda

Sebelum merasakan kemerdekaan dan kebebasan, tercatat panjang sekali sejarah tentang perjuangan para pahlawan dan tokoh masyarakat Indonesia.

Perlawanan, penyerangan, hingga ke titik darah penghabisan, mereka melakukannya demi memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan untuk bangsanya.

Jika kita kembali mengenang sejarah perjuangan pada masa dahulu, ada beberapa negara yang menjajah Indonesia, diantaranya yaitu, Portugis, Jepang, dan juga Belanda. Di dalam buku sejarah, tercatat bahwa negara yang paling lama menjajah Indonesia adalah Belanda.

350 tahun atau setara dengan 3,5 abad lamanya penjajahan itu berlangsung. Tidak ada rasa keadilan dan kemanusiaan selama penjajahannya.

Untuk terus mengenang masa-masa ini sepanjang masa, terdapat banyak upaya. Diantaranya adalah, ditetapkannya sejarah perjuangan pada kurikulum pendidikan di bangku sekolah/perguruan tinggi, dibangunnya museum-museum terkait masa penjajahan, ditetapkannya nama-nama pahlawan pada jalan, bangunan, dll.

Selain itu, masa-masa sejarah juga dikenang dan diabadikan melalui apresiasi karya film. Di indonesia, ada beberapa film dengan bertemakan masa perjuangan saat dijajah oleh Belanda.

Sebagai bangsa yang baik, kita harus mengenang dan menyaksikan penjajahan pada masa dahulu untuk tetap diabadikan. Berikut ini merupakan 5 rekomendasi film sejarah berlatar Hindia-Belanda:

1. Max Havelaar

Mula-mulanya, film ini diangkat dari sebuah buku dengan judul yang sama, yaitu ‘Max Havelaar’ yang ditulis oleh Multatuli atau biasa disebut dengan Douwes Dekker. Buku tersebut terbit pada 1860.

Film ini memiliki tema sejarah Hindia-Belanda dan settingan pada abad ke 19 yang menceritakan tentang tokoh protagonis dari Belanda yang berusaha memasuki wilayah Hindia-Belanda guna mengkorupt dan memberantas sistem dengan merajalela.

Film yang dirilis pada 9 September 1976 ini, awal mulanya tidak diperbolehkan tayang di negara Indonesia. Akan tetapi dengan segala pertimbangan, akhirnya film tersebut diperbolehkan tayang secara resmi di Indonesia pada tahun 1987.

2. Oeroeg

Selanjutnya, film bertemakan sejarah pada masa Hindia-Belanda yang berjudul ‘Oeroeg’ ini mengisahkan tentang seorang anak yang berasal dari negara Belanda bernama Johan, berteman baik dengan seorang anak penduduk lokal yang bernama ‘Oeroeg’.

Pada masa perang dunia ke 2, Johan yang statusnya adalah teman baik dari Oeroeg yang merupakan anak pribumi, terpaksa harus melawan temannya sendiri demi perang tersebut.

Film ini diadaptasi dari sebuah buku yang rilis pada tahun 1948 karya Hella Haasse yang berasal dari Belanda. Kemudian pada 10 Juni 1993, secara resmi film ini dirilis di Belanda dengan sajian bahasa Belanda dan bahasa Indonesia.

3. Krakatoa: The Last Days

Rekomendasi film sejarah Hindia-Belanda berikutnya adalah ‘Krakatoa : The Last Days”. Selain mengenai masa penjajahan, ternyata film settingan pada masa Hindia Belanda ini juga mengisahkan tentang erupsi gunung krakatau yang sangat dahsyat sekali hingga menyebabkan terjadinya Tsunami di tahun 1883.

Walaupun demikian, film ini lebih berfokus kepada keluarga Belanda Beijerinck yang pada saat itu menjajah dan menguasai wilayah Banten.

Film ini secara resmi tayang pada 7 Mei 2006 di BBC One dengan genre Dokudrama. Pada saat penayangannya, film ini juga disaksikan langsung oleh para penduduk yang menjadi saksi mata atas kejadian pada film ini di masa silam.

4. Grisse

Film bertemakan sejarah selanjutnya yaitu ‘Grisse’. Film ini bersetting pada abad ke 19 di wilayah Gresik, Jawa Timur.

Kisahnya yaitu melakukan upaya pemberontakan terhadap seorang gubernur yang semena-mena pada rakyatnya. Pimpinan tersebut dipimpin oleh seorang perempuan dengan nama ‘Kayla’.

Resmi rilis pada 6 Maret 2019, yang dibintangi oleh aktor Indonesia seperti Marthino Lio, Ardhina Wirasti, dan lainnya. Film ini ditayangkan pada TV oleh HBO Asia menggunakan subtitle bahasa Inggris.

5. Bumi Manusia

Film ini diangkat dari sebuah novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama yaitu ‘Bumi Manusia’. Film tersebut mengisahkan antara pemuda Jawa yang bernama Minke yang tengah bersekolah di Hogere Burger School (HBS).

Minke akhirnya jatuh cinta dengan seorang gadis Belanda bernama Annelies. Akan tetapi, kisah cinta di antara mereka tak berjalan dengan mulus. Selalu ada rintangan dan halangan dalam cintanya.

Film ini secara resmi tayang pada 15 Agustus 2019, yang mana 2 hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Iqbal Ramadhan beserta Mawar Eva De Jongh dan kawan-kawan.

Itulah tadi 5 rekomendasi film sejarah berlatar Hindia-Belanda. Tonton dan saksikan, cermati, ambil sisi positif dan buang sisi negatifnya. Sekian dari penulis. Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan