Mengenal Opportunity Cost Beserta Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Setiap orang memiliki biaya yang terbatas. Oleh karena itu, terkadang kamu harus membuat sebuah pilihan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai opportunity cost, apa itu opportunity cost?.

Opportunity cost adalah perbandingan dari satu pilihan ekonomi dengan pilihan terbaik lainnya. Perbandingan ini seringkali muncul dalam bidang keuangan dan ekonomi ketika mencoba memutuskan diantara peluang investasi. Opportunity cost atau biaya peluang ini mencoba mengukur dampak dari memilih satu investasi di atas pilihan lainnya. Untuk memahami lebih lanjut mengenai opportunity cost, simak pembahasannya dibawah ini ya.

Apa itu Opportunity cost?

Secara umum, opportunity cost merupakan nilai kerugian yang dialami ketika memilih diantara dua pilihan ataupun lebih. Ketika kamu memutuskan suatu hal, kamu merasa bahwa pilihan yang sudah kamu pilih itu akan memberikan hasil yang lebih baik lagi. Terlepas dari apa yang dirugikan dengan memilihnya. Opportunity cost bagi seorang investor yaitu pilihan investasi yang akan memiliki keuntungan atau kerugian secara langsung dan masa mendatang.

Namun kekurangan inilah yang disebut dengan opportunity cost. Nilai ini tidak terbatas hanya pada uang atau materi saja, tetapi juga mencakup waktu, energi, kebahagiaan, keuntungan, dan faktor lainnya. 

Ciri-ciri Opportunity cost

Ada beberapa ciri-ciri dari opportunity cost yaitu :

1. Opportunity cost tidak hanya sebatas tentang uang dan juga materi saja.

2. Memberikan alternatif lain untuk kegunaan.

3. Pemilihannya tergantung dari setiap kasus perusahaan atau orang

4. Bisa berbeda tergantung dari setiap kasus orang atau perusahaan.

5. Umumnya digunakan untuk pemilihan kebutuhan tersier atau sekunder.

Rumus dan contoh opportunity cost

Berikut ini rumus untuk menghitung opportunity cost yaitu :

Opportunity cost = Fo – Co

Keterangan : Fo = Opsi alternatif terbaik yang tidak dipilih

                        Co = Opsi yang dipilih

Untuk lebih jelasnya mengenai rumus diatas, kamu bisa melihat contoh opportunity cost dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, kamu lebih memilih untuk makan pagi dan siang di kantin kantor dengan harga Rp. 35.000. Padahal ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara memasak makanan sendiri dan dibawa dari rumah hanya dengan harga Rp. 20.000.

Jawabanya:

Opportunity cost = FO – CO

                               = Rp. 35.000 – Rp. 20.000

                               = Rp. 15.000

Maka biaya opportunity kamu adalah Rp. 15.000, dimana kamu mengalami kerugian.

Manfaat menghitung opportunity cost

Ada beberapa manfaat dari menghitung opportunity cost ini terutama untuk bisnis, diantaranya :

1. Mempermudah saat menghitung modal

Opportunity cost membuat kamu bisa memprediksi seberapa besar modal yang dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis. Selain melihat bahan yang diperlukan, kamu juga bisa memperkirakan biaya alternatif lain yang tidak menentu.

2. Membantu melihat kesempatan alternatif

Kamu bisa membuat perbandingan antara pilihan yang satu dengan pilihan lainnya, dengan menghitung opportunity cost. Karena itu, kamu tidak hanya akan sadar dengan kesempatan alternatif saja, tetapi juga kekurangan serta risiko yang akan didapatkan dari masing-masing pilihan tersebut.

3. Menjadi patokan untuk menentukan prioritas

Terkadang ada banyak sekali hal ingin dicoba dalam memulai sebuah bisnis, namun tenaga, biaya, dan waktu cukup terbatas. Oleh karena itu, dengan perhitungan opportunity cost ini bisa memudahkan kamu untuk menentukan prioritas mana yang harus diutamakan.

4. Bisa membantu penghematan modal

Dengan menentukan prioritas utama, maka secara otomatis kamu juga akan lebih menghemat biaya dan tidak menghabiskan dana untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Karena sudah mempertimbangkan alternatif lainnya, kamu juga tidak akan menyesal karena sudah mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang dan menyeluruh. 

5. Bisa meminimalkan risiko usaha

Didalam sebuah bisnis atau usaha, risiko usaha tentu akan selalu ada. Namun, jika kamu sudah memperhitungkan opportunity cost, setidaknya kamu bisa meminimalisir atau mengantisipasi risiko yang mungkin saja terjadi nantinya. 

Itulah tadi penjelasan mengenai opportunity beserta manfaatnya, semoga bisa membantu kamu yang sedang kebingungan untuk memilih pilihan yang lebih dari satu opsi. Untuk kamu yang sedang mencari layanan jasa yang menyediakan jasa audit, jasa perpajakan, jasa pembukuan, dan desain sistem kamu bisa menggunakan jasa audit keuangan. Layanan ini ditangani langsung oleh orang yang sudah kompeten di bidangnya serta profesional, dan sudah mendapat banyak kepercayaan dari konsumen. Selain itu, sudah banyak konsumen yang menggunakan layanan ini dan sekarang giliran kamu.