Dalam memperingati hari ulang tahun RI ke 71 pada tahun 2016 yang mengangkat tema “Kerja Nyata”, Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

Napak Tilas Proklamasi

Napak Tilas Proklamasi merupakan agenda rutin Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang telah berlangsung selama 27 kali, sebagai flashback sekaligus media penanaman jiwa, semangat, dan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud partisipasi masyarakat umum dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2016. Peserta yang berpartisipasi berjumlah ± 1000 orang yang terdiri atas tokoh-tokoh Angkatan ’45, Wirawati Catur Panca, keluarga para tokoh yang hadir pada saat perumusan naskah proklamasi, pramuka, pelajar dan mahasiswa, Komunitas Sejarah, Sahabat Museum, Konvoi Mobil Klasik dan instansi terkait, diiringi oleh Paduan Suara Lagu-Lagu Perjuangan, Drumband serta Kirab Bendera Merah-Putih.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama antara Museum Perumusan Naskah Proklamasi dengan Dewan Harian Nasional / Dewan Harian Daerah Angkatan ’45, Museum Joang ’45 serta Monumen Tugu Proklamator.

Acara dimulai pada pukul 15.35 WIB di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, diawali dengan orasi perjuangan tentang peranan gedung di Jl. Imam Bonjol No. 1, dilanjutkan rekonstruksi peristiwa perumusan naskah proklamasi oleh Komunitas Teater Keliling, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud sekaligus melepas peserta untuk melakukan long march (jalan kaki bersama) dari tempat perumusan naskah proklamasi ke tempat pembacaan naskah proklamasi, yaitu dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi menuju Tugu Proklamasi.

Masih dalam rangkaian kegiatan Napak Tilas Proklamasi, juga diadakan acara Melukis Bersama yang diselenggarakan oleh Museum Basoeki Abdoellah yang dilaksanakan di halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi pada pukul 08.00 WIB, dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Menyanyi Lagu Perjuangan, berlanjut ke Trivia Sejarah dan Talkshow dari Metro TV bersama Direktorat Sejarah di halaman belakang Museum Perumusan Naskah Proklamasi.