Tips Memilih Sofa Yang Awet

Beberapa tips ini mungkin dapat Anda gunakan apabila Anda ingin membeli sofa yang baru dan awet. Perlu perencanaan yang baik ketika Anda ingin membeli sofa. Karena sofa menjadi pelengkap sebuah rumah dan menjadikan rumah tetap nyaman dalam jangka waktu yang panjang. Dalam pemilihan sofa harus dipertimbangkan terlebih dahulu dari segi penempatan ruang sampai jenis sofanya.

Tenang saja, disini penulis akan memberikan tips untuk memilih sofa yang awet dan nyaman untuk Anda dan keluarga gunakan. Simak informasi lengkapnya mengenai tips memilih sofa yang awet di bawah ini.

Tips Memilih Sofa Yang Awet

Berikut ini beberapa tips untuk mempertimbangkan dan memilih sofa yang awet dengan menggunakan tips sebagai berikut :

1. Ruang Penempatan Sofa

Tips pertama yang dapat Anda gunakan yaitu Anda harus menentukan ruang mana yang akan ditempati dan diletakkan sofa. Apakah ruang tamu, kerja atau ruang keluarga. Perbedaan tempat pasti akan mempengaruhi perbedaan motif dan jenis sofa.

Jika sofa diletakkan di ruang tamu, sofa yang harus Anda pilih yang mempunyai desain manis dan elegan. Hal ini bertujuan agar sofa dapat menampung lebih banyak orang. Sofa yang diletakkan di ruang tamu ini dapat Anda bentuk melingkar, sejajar dan ditata setengah lingkaran.

Sedangkan jika Anda ingin meletakkan sofa di ruang keluarga, Anda harus memilih sofa yang yang kokoh dan nyaman. Karena sebagian besar keluarga akan berkumpul di ruangan ini. Jangan lupa tambahi bantalan untuk ruang keluarga.

Berbeda dengan sofa yang diletakkan di ruang kerja, pilihlah sofa yang berukuran lebih kecil untuk ukuran dua orang saja.

2. Suspensi Dan Elastisitas

Tips yang selanjutnya yaitu suspense atau elastisitas yang harus Anda pilih ketika menggunakan sofa. Hal ini berhubungan dengan daya tahan berat badan seseorang yang duduk diatasnya. Selain itu, ada beberapa jenis coil atau per sofa yang dapat menyesuaikan bentuk sofa dengan daya tekan dan berat badan seseorang.

Semakin banyak coil atau per dalam sofa, maka harga sofa semakin mahal. Ada harga pasti ada barang yang berkualitas. Semakin per atau coil menyebar merata ke sofa, maka semakin nyaman dan awet untuk digunakan.

3. Jenis kain pelapisnya

Tips memilih sofa yang awet berikutnya adalah terletak pada jenis kain agar kenyamanan penghuni rumah. Harga juga menentukan kualitas kain pelapis sofa. Pada umumnya, kain pelapis sofa terbagi menjadi dua yaitu kain pelapis oscar dan kain pelapis kulit asli. Berbeda material tentunya berbeda nuansa dan gayanya.

Gaya yang diberikan kain pelapis oscar yaitu kesan kasual. Sedangkan gaya yang diberikan kain pelapis kulit yaitu kesan yang klasik dan mewah. Sofa yang terdapat pada ruang keluarga tentunya mempunyai resiko cepat kotor karena tumpahan makanan atau minuman.

Atau juga warna sofa akan mudah pudar karena sering dipakai dan sering bergesekkan dengan kulit manusia. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih sofa dengan kain pelapis kulit jika sofa diletakkan di ruang keluarga. Sofa yang awet dan berkualitas adalah berlapis kulit asli karena lebih elastis dan nyaman diduduki.

Selain itu warna pelapis kulit juga tidak gampang pudar seperti pelapis kain. Tetapi jenis sofa yang pelapisnya dari kulit sintetis, mempunyai harga yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan pelapis kulit asli. Dan juga pastinya kenyamanan serta elastisitas masih dibawah pelapis kulit asli.

4. Jenis Kerangka

Tips selanjutnya untuk memilih sofa yang awet adalah ketahui jenis kerangkanya terlebih dahulu. Tips ini bisa disebut sebagai tips utama karena keawetan dan ketahanan sesuatu tergantung dari kerangkanya. Berbagai jenis sofa tentu memiliki rangka yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari kayu asli yang sudah dikeringkan, plywood, dan ada juga yang terbuat dari lembaran papan. Perlu diketahui, bahwa sofa yang terbuat dari plywood memang tak sekuat kayu jati.

Hal ini menyebabkan harga dari kedua bahan tersebut berbeda dengan plywood yang lebih murah.Selain dari kayu, ada pula sofa yang terbuat dari besi. Sofa yang terbuat dari besi ini memang cukup awet, akan tetapi sofa berbahan besi ini sangat terbatas model dan juga variasinya. Hal ini dikarenakan besi tak mudah dibentuk.

5. Ukur Dengan Tepat dan Benar

Langkah yang anda harus lakukan selanjutnya adalah mengukur ruangan dengan tepat dan benar. Di toko furniture, sofa ditumpuk menjulang tinggi sehingga jika anda dari bawah sofa terlihat kecil-kecil, namun saat diletakkan di rumah sofa terlihat sangat besar dan membuat ruangan menjadi sempit.

Oleh karena itu, anda harus benar-benar teliti dan pastikan benar saat mengukur ruangan. Jika anda ingin meletakkan sofa di ruang keluarga maka anda juga harus menghitung jumlah anggota keluarga yang ada di rumah. Sehingga anda dapat memilih panjang sofa yang pas.

6. Garansi Asuransi Kerusakan

Di beberapa toko furniture sekarang sudah menyediakan jasa asuransi untuk produk yang mereka jual. Jika anda memilih sofa yang harganya cukup mahal, maka anda wajib menanyakan terlebih dahulu tentang asuransi yang diberikan.

Ada yang lebih penting untuk ditanyakan, yaitu dimana tempat resmi reparasi perabotnya. Mengapa dianggap penting? Karena jika anda sewaktu-waktu ingin mengganti pelapis sofa, tanpa mengganti bantalan sponnya, anda dapat langsung menghubungi pihak reparasi sofa resmi dari toko yang menjual.

Itulah tadi pembahasan mengenai tips memilih sofa yang awet. Anda harus mempertimbangkan sebaik mungkin supaya Anda tidak salah saat membeli sofa yang awet. Selain itu beberapa tips di atas dapat membantu Anda agar bisa membeli sofa yang awet dengan pengeluaran yang minimal, sekaligus kenyamanan keluarga terpenuhi.

Namun perlu Anda pahami bahwa sofa yang awet juga perlu dibersihkan secara rutin. Sebab, sofa yang tidak pernah dibersihkan akan menimbun banyak debu, kotoran, serta kuman. Dengan begitu, sofa dapat lebih cepat rusak. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan sifa secara rutin, Anda bisa menggunakan Jasa Cuci Sofa Jogja. Dengan layanan ini, sofa Anda akan tetap bersih dan tahan lama.