Website pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh Sir Timothy John dan Tim Berners- lee. Tujuan dibuatnya website yaitu sebagai alat untuk tukar menukar data dan memberikan informasi kepada para peneliti. Jadi pada saat itu pengertian dari website hanya sebatas tukar menukar informasi.

Website dipublikasikan setelah adanya pengumuman dari CERN di tanggal 30 April 1993. CERN juga menyebutkan website dapat di gunakan secara gratis oleh semua orang. Pengertian dari website saat ini sudah masuk ke publik karena bisa digunakan oleh semua orang kapanpun dan dimanapun.

Kini, website sudah menjadi salah satu media promosi online yang sangat penting dimiliki para pemilik usaha. Oleh karena itu, banyak muncul jasa pembuatan website yang menyediakan layanan pembuatan website dengan hasil yang maksimal.
Website dapat digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

1. Website Statis

Web ini mempunyai halaman yang tidak berubah. Dengan demikian untuk melakukan perubahan pada halaman ini harus dilakukan secara manual. Caranya dengan mengedit kode yang menjadi struktur dari website tersebut.

2. Website Dinamis

Merupakan website secara struktur yang dikhususkan untuk update sesering mungkin. Selain menu utama yang dapat diakses oleh pengguna secara umum, juga disediakan halaman untuk mengedit.

3. Website interaktif

Adalah web yang sedang booming pada saat ini, contoh dari web ini adalah blog dan forum. Pada web ini user dapat berinteraksi dan adu argumen tentang apa yang sedang dipermasalahkan. Biasanya pada website ini terdapat moderator untuk mengatur topik pembicaraan.

Pengertian Web

WWW merupakan kepanjangan dari World Wide Web. Merupakan suatu ruang informasi yang digunakan para pengenal global yang dinamakan dengan URL ( Uniform Resource Locator ) untuk mengenal sumber daya. Kadang kala WWW dianggap sama dengan internet, namun sebenarnya WWW merupakan bagian dari internet. WWW merupakan kumpulan situs yang menyediakan informasi dan data yang dapat digunakan bersama dari kumpulan server seluruh dunia.

Perkembangan Web

Perkembangan Web

Web semakin populer semenjak ditemukan pada tahun 1990, web menjadi layanan internet dengan pengguna terbanyak. Sebagian dari pengguna internet mengira bahwa Web adalah satu-satunya layanan internet. Teknologi web terus mengalami perkembangan baik dari era web 1.0, era web 2.0 dan bahkan trend menuju era 3.0.
Berikut sejarah perkembangan website dari masa ke masa.

1. Web 1.0

Web 1.0 merupakan generasi pertama dari website, tipe ini hanya bisa digunakan untuk searching, browsing data informasi tanpa bisa menginput data website. Layanan internet pada saat itu masih berpusat di antara web statis yang saling dihubungkan ke hyperlink. Web saat itu ditempati oleh website-website yang didesain menggunakan table dan flash.

Ciri-ciri dari web 1.0 ini yaitu:

  • Website pada umumnya bersifat statis yang jarang berubah atau sama sekali tidak berubah.
  • Website umumnya tidak interaktif.
  • Teknologi yang dipakai pada umumnya adalah teknologi tertutup.
  • Desain webnya kebanyakan menggunakan frame.
  • Informasi yang ada umumnya berupa gambar dan text.

2. Web 2.0

Selanjutnya pada tahun 2003 atau 2004 muncul generasi kedua website yaitu web 2.0 yang para penggunanya mulai dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Dalam perkembangannya ada beberapa ciri-ciri web 2.0 ini, yaitu:

  • Website ini bersifat dinamis dan interaktif dengan teknologi AJAX.
  • Desain web yang digunakan yaitu CSS layout.
  • User bukan saja hanya sebagai konsumen melainkan juga sebagai produsen informasi.
  • Teknologi yang dipakai umumnya adalah open source.
  • Informasinya terdiri dari gambar, text, video animasi, audio.

3. Web 3.0

Pada tahun 2010 sampai dengan 2020 diperkirakan web 3.0 ini akan berkembang dan untuk saat ini masih dalam tahap pengembangan. Menurut PC Magazine, web 3.0 memiliki karakteristik antara lain:

  • Semantic web yaitu web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membaca sehingga informasi yang disajikan cepat dan tepat.
  • The 3D web yaitu suatu web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime.
  • The media- centric web cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword yaitu dengan cara menggunakan photo, audio dan video.
  • The pervasive web yaitu web yang mudah diakses dengan bermacam cara kapan saja dan dimana saja.

Ciri-ciri dari web 3.0:

  • Integrasi web ke dalam produk rumah tangga seperti kulkas, tv, ataupun home entertainment.
  • Semantic web contoh penggunaanya yaitu Knowledge graph di google search.
  • Natural language A processing
  • Location based service dan personifikasi informasi.

Demikian artikel mengenai sejarah perkembangan teknologi website dari masa ke masa, semoga bermanfaat.