Google telah berkembang yang dulunya mesin pencarian kecil sekarang telah menjadi besar. Di zaman ini google sangatlah penting yaitu sebagai mesin pencarian, layanan email, GPS, dan sistem operasi lainya. Google selalu membenahi sistem pencarian supaya dapat memberikan yang terbaik. Hal ini juga bertujuan menghindari pihak-pihak yang mencurangi google dengan menggunakan black hat SEO.

Perkembangan algoritma Google tentu menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan diikuti. Terlebih untuk Anda yang bergelut di bidang website atau Digital Marketing Agency.

Adapun sejarah dan perkembangan algoritma google dari masa ke masa diantaranya:

1. Jager – Bigdaddy / tahun 2003-2005

Tahun 2003 dimulai dengan dikembangkangnya algoritma Jager dan Bigdaddy. Jagger diupdate sebanyak tiga kali pada tahun 2003 sampai 2005, dengan fokus utamanya membongkar link merupakan sebuah perkembangan infrastruktur google, yang berfungsi untuk menangani URL redirect dan canonical. Pada tahun ini google berhasil menyaring situs-situs yang menggunakan link berbayar dan link spam.

2. Tahun 2006-2008

Selama kurung waktu tiga tahun antara tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 tidak banyak perubahan besar pada algoritma google. Adapun hanya perubahan kecil yang tidak dikonfirmasikan oleh pihak google.

3. Vince – Caffeine/ tahun 2009

Pada tahun 2009 google merilis algoritma vince. Algoritma vince memberikan persaingan yang adil antara situs brand kecil maupun besar dan memberi perubahan besar. Update google lainnya adalah Caffeine yaitu sebuah algoritma baru yang berisi sistem indexing. Ini membuat google mampu melacak data lebih cepat dan juga efisien.

Ditahun ini konten yang baru masuk index juga bisa masuk ke halaman pertama google, terutama bila volume pencarian sedang tinggi dan data terus berubah dari waktu ke waktu. Ini menjadikan google sebagai referensi berita paling update atau terkini.

4. Panda / tahun 2011

Tahun 2010 tidak terjadi perubahan algoritma yang besar namun pada tahun 2011 terjadi guncangan besar dalam pengupdatean algoritma. Algoritma ini dikenal sebagai panda, yang mengguncang industri SEO dan pemain-pemain besar. Pada tahun ini backlink dikenakan tarif berbayar, keyword stuffing dan skema black hat mendapat guncangan besar.
12% dari kueri terdampak oleh update dari panda. Dan pada tahun ini juga panda diupdate untuk bahasa selain bahasa inggris.

5. Panda, Venice/ tahun 2012

Pada tahun ini google menurunkan peringkat pada situs yang menampilkan terlalu banyak iklan di laman mereka. Pada tahun ini ada update untuk algoritma venice, sehingga hasil pencarian dapat ditampilkan berdasarkan lokasi IP pencari. Sehingga google bisa mendeteksi permintaan dengan lebih baik lagi berdasarkan pada relevansi dengan hasil pencarian sebelumnya dan lokasi pencari. Pengupdatean panda juga terjadi pada tahun ini, sehingga situs yang melakukan praktik unnatural linking dan keyword stuffing semakin cepat terdeteksi.

6. Penguin 2.0, Payday Loan, Hummingbird/ tahun 2013

Ditahun ini google mengupdate penguin yang hasilnya google dapat mendeteksi link spam lebih baik lagi. Google juga merilis algoritma Payday Loan, yang ditargetkan pada kueri terkait dengan perjudian, pornografi dan pinjaman uang. Pada tahun ini google juga meluncurkan algoritma Hummingbird yang memberikan hasil pencarian lebih kompleks berdasarkan hasil pencarian. Ini memberi dampak pada 90% hasil pencarian di seluruh dunia.

7. Payday loan 3.0, panda 4.0, pigeon, penguin 3.0 / Tahun 2014

Pada tahun 2014 terdapat update payday loan sehingga situs spam dapat ditemukan dengan mudah. Google panda 4.0 juga dirilis dan memberikan dampak pada permintaan Bahasa inggris sebesar 7,5%. Pigeon juga dirilis dan dapat memberikan peningkatan parameter terhadap jarak dan lokasi.

8. Mobile Update, Phantom Update, Panda 4.2, Rank Brain, Algoritma Google / Tahun 2015

Pada tahun 2015 google mengupdate situs mobile yang akan meraih rangking lebih baik. Di tahun ini google juga merilis Quality Update, yang dapat mengkonfirmasi perubahan algoritma pada rangking google. Situs yang memasang banyak iklan akan mendapatkan dampak paling besar. Google merilis Rank Brain, merupakan sebuah algoritma belajar yang memberikan hasil pencarian lebih baik lagi dalam media belajar.

Kemudian muncul algoritma yang diluncurkan pada 21 april 2015. Algoritma ini memberikan penekanan terhadap kemampuan situs atau blog untuk menyesuaikan ukuran layer pada saat membukanya terlebih pada ponsel. Dengan kata lain yaitu mengganti template blog lama dengan responsive template.

9. Penguin 4.0 / Tahun 2016

Pada tahun 2016 penguin 4.0 di rilis, yang terintegrasi dengan algoritma inti google. Ini membuat penguin 4.0 dapat mengevaluasi situs mereka dan tautan secara real-time. Penguin juga dapat memberikan nilai pada tautan, setiap link tentunya nilai yang diberikan akan berbeda. Penguin 4.0 juga dapat membedakan link spam dan link asli dengan baik.

10. Tahun 2017

Tahun 2017 terjadi perubahan di algoritma inti. Konten yang terlalu sedikit, iklan terlalu banyak, situs lamban dan tidak responsif maka Google menurunkan peringkat situs tersebut. Maka dari itu google terus berinovasi agar tidak mempengaruhi kenyamanan dari pengguna.

11. Tahun 2018

Pada tahun ini banyak terjadi perubahan pada algoritma inti. Google mulai mengedepankan ranah mobile atau ponsel pintar dalam perhitungan nya supaya lebih baik lagi. Dengan terus mengembangkan website yang responsive dan mobile friendly. Supaya pengguna dapat melakukan pencarian dengan mudah dengan menggunakan ponsel pintar.

12. Tahun 2019

Di tahun 2019 hanya ada sedikit perubahan pada algoritma inti mereka. Google terus mengembangkan algoritma mereka agar lebih baik lagi dari tahun 2018 untuk meningkatkan kefektifan dan keefisiensinya. Google menjadi lebih proaktif atau berpikir secara matang dalam membuat rangking website yang lebih akurat, relevan, dan variative.

Demikian pembahasan mengenai sejarah dan perkembangan algoritma google dari masa ke masa semoga bermanfaat.