Teknologi informasi berkembang sangat pesat dan cepat di dunia. Dunia semakin hari seolah semakin kecil, dikarenakan apapun yang terjadi di seluruh dunia dapat terpantau. Hal ini sangat wajar, berkat kecanggihan dan pesatnya kemajuan teknologi informasi.

Negara Indonesia juga termasuk salah satu yang tidak lepas dari perkembangan teknologi. Sejarah internet di Indonesia bermula di awal tahun 1990-an. Saat itu lebih sering dikenal dengan sebutan paguyuban network.

Di zaman sekarang, Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah ‘Wifi’. Semakin meningkatnya popularitas penggunaan jaringan internet, maka Wifi merupakan peran utama yang wajib dimiliki. Penggunaannya memiliki banyak manfaat bagi semua kalangan. Mulai dari satu negara, hingga ke lain negara.

Sejarah perkembangan wifi di Indonesia

Atas kerja keras seorang insinyur dari Amerika pada tahun 1985, penggunaan teknologi penyebaran spektrum radio dimanfaatkan di dalam Wi-Fi. Pada tahun 1985, Wifi dibuat secara umum untuk masyarakat Amerika Serikat saja. Namun, masih belum memiliki lisensi. Pada tahun 1980 Michael Marcus lah yang mengemukakan bahwa penggunaan wifi menggunakan teknologi penyebaran spektrum radio.

Para engineer dari Amerika Serikat yang bekerja di sebuah perusahaan bernama institute of Electrical and Electronic Engineers membuat dan mengembangkan teknologi wifi. berdasarkan standar teknis dengan nomor perangkat 802.11b, 802.11a, dan 802.16. Tidak hanya bekerja pada jaringan wirelesss LAN, akan tetapi juga bisa bekerja pada jaringan wireless metropolitan area network.

Walaupun sekarang wifi sudah melejit digunakan, namun sejarah dan perkembangannya masih terus diabadikan.

Cara Kerja WiFi

Menggunakan gelombang radio serta menggunakan Wireless LAN dari komputer adalah cara kerja dari WiFi. Bagian yang memiliki fungsi dan peranan penting dalam system WiFi adalah disebut dengan router nirkabel. Alat ini hanya menerima data yang dikirim komputer dalam bentuk digital.

Setelah mengkonversi data menjadi bentuk gelombang radio maka akan dikirim ke router, dan router akan menerimanya. Pengiriman tersebut dilakukan melalui antena ke router. Dan sinyal yang didapat dari decode router akan mengirim ke internet akar dapat diakses. Proses yang sudah dilakukan akan dikembalikan kepada komputer yang mengirim informasi tersebut.

Gelombang radio yang dikirim oleh WiF dan walkie – talkie serta ponsel memiliki perbedaan. Perbedaannya adalah gelombang frekuensi yang dimiliki WiFi cukup tinggi yaitu sekitar 2,4 GHz sampai 5 GHz.

Operasi platform standar jaringan IEEE 802,11 merupakan teknologi yang dimiliki WiFi. Komite Standar IEEE Wireless LAN, MAN mengimplementasikan bahwa jaringan yang memiliki standar jaringan 802,11 memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Yaitu seperti, 802.11a, 802.11b, 802.11g, dan 802.111n.

Setelah mengetahui cara kerja dari wifi, wifi juga memiliki kekurangan serta kelebihan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan WiFi. Dilansir dari pintarkomputer.com, berikut penjelasannya.

Kelebihan WiFi

Tidak asing bagi anda mendengar atau bahkan merasakan dan menikmati kelebihan yang dimiliki WiFi untuk anda, berikut adalah kelebihan dari jaringan WiFi:

1. Pengguna Dapat Berpindah – pindah Tempat

Karena WiFi tidak menggunakan kabel, jadi pengguna yang menyambung WiFi dapat berpindah – pindah tempat tanpa harus memikirkan kabel penyambungnya.

2. Memiliki Support Perangkat yang Banyak

Bukan hanya ponsel yang dapat menyambung jaringan ini tetapi juga laptop, computer, bahkan tablet dapat mengakses jaringan WiFi ini. Jadi, banyak perangkat yang lebih banyak memilih WiFi daripada kabel, karena dinilai lebih praktis.

3. Cara Konek dengan Satu Kali Klik

Jika anda ingin menyambung wifi anda hanya perlu klik connect pada sebuah jaringan, maka akan terkoneksi dengan sendirinya. Hal ini sudah dirancang oleh administrator WiFi.

4. Penggunaan Listrik Kecil

Pada umumnya WiFi hanya memerlukan tegangan DC 9V dan 0.85A untuk dapat menyala. Jadi, wifi terbilang murah dalam urusan listrik.

Kekurangan WiFi

Setelah memiliki kelebihan yang memanjakan penggunanya WiFi juga tidak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan dari WiFi ialah mudah di hack oleh hacker untuk dapat mengetahui password WiFi tersebut.

Bagaimana? Setelah membaca artikel diatas tertarikkah anda untuk menggunakan WiFi? Jika anda menggunakannya tetap jaga keamanan WiFi anda ya agar terhindar dari hacker yang ingin mengetahui password anda.

Sejarah Awal Internet Indonesia

Didasarkan dari catatan APNIC dan whois ARIN, protokol internet pertama kali dari Indonesia. Universitas Indonesia lah yang mendaftarkan UI-NETLAB yaitu pada 24 Juni 1988. Nama-nama legendaris yang terlibat di awal pembangunan internet tahun 1992 sampai 1994 adalah sebagai berikut.

1. RMS Ibrahim
2. Robby Soebiakto
3. Suryono Adisoemarta
4. Muhammad Ihsan
5. Firman Siregar
6. Putu
7. Onno W
8. Adi Indrayanto

Dengan masing-masing memiliki tugas tersendiri dan sudah mengkontribusikan keahlian serta juga dedikasinya saat membangun sejarah internet Indonesia. Tidak lupa juga banyak tulisan-tulisan tentang sejarah pembangunan serta perkembangan internet Indonesia. Anda bisa melihatnya di media cetak Kompas yang memiliki judul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio”.

Internet Service Provider Indonesia

Pada sekitar tahun 1994 awal mula IndoNet beroperasi yang saat itu dipimpin oleh Sanjaya. ISP komersial pertama di Indonesia yaitu IndoNet. Pada saat itu masih sangat sedikit pengguna internet.

Sambungan pertama internet dilakukan oleh IndoNet dengan memakai dial-up. Akses IndoNet dlu menggunakan teks dengan browser lynx, shell account, serta juga email client dalam server AIX. Dan pada tahun 1995, melalui Departemen Pos Telekomunikasi pemerintah Indonesia menerbitkan izin ISP kepada IndoNet. Yang pada saat itu dipimpin oleh Sanjaya serta Roy Rahajasa Yamin.

Dari tahun 1995 banyak BBS Indonesia contohnya Clarissa sudah menyediakan jasa akses ke luar negeri. Dan juga menggunakan remote browser Lynx di AS. Maka dari itu, pengguna internet di indonesia dapat akses Internet (HTTP).
Perkembangan yang paling akhir yaitu warung internet dan trend arah e-commerce. Keduanya saling menunjang serta bisa menjadikan masyarakat yang solid di dunia teknologi informasi..

Penggunaan Awal Internet Lewat CIX dan Compuserve

Berbeda dengan suasana internet di Indonesia, pada awal perkembangan jaringan internet terasa lebih individu. Terutama dalam menyangkut aktivitas penggunaan internet. Pada awal tahun 1988, penggunaan awal internet di Indonesia dulu memanfaatkan CIX dan Compuserve. Dimana kedua perusahaan ini milik Inggris dan Amerika Serikat untuk mengakses internet.

Sejak tahun 1988, perusahaan CIX menawarkan jasa email. Tetapi akhir-akhir tahun menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Dulu pengguna internet memakai modem untuk mengakses internet dan saluran telepon internasional yang mahal. Sejak awal tahun 1989 perusahaan Compuserve juga menawarkan jasa email, HTTP dan FTP. Tetapi biaya untuk Compuserve tergolong lebih mahal dibandingkan dengan CIX.

Itulah tadi sejarah perkembangan Wifi dan jaringan Internet di Indonesia. Sudah tau kan sekarang bagaimana sejarah awal Wifi dan Internet? Gunakan jaringan internet dengan baik dan manfaatkan untuk kepentingan bersama. Untuk Anda yang ingin menggunakan wifi namun masih terkendala biaya. Penulis akan merekomendasikan wifi murah 100 ribuan sebulan. Sudah pasti lebih murah, sinyal kuat, dan pastinya Anda tidak akan mengalami internet lemot lagi.