Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp? Aplikasi bertukar pesan yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Hampir setiap orang menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan, bertelepon, melakukan panggilan video, dan lain-lain. Tapi, tahukan Anda tentang sejarah berdirinya WhatsApp? Artikel berikut ini akan menjelaskannya.

Apa itu WhatsApp?

Pada umumnya WhatsApp merupakan aplikasi untuk saling bertukar pesan sesam pengguna smartphone. Namun, dalam perkembangannya WhatsApp dapat melakukan panggilan telepon, panggilan video, mengirim gambar, pesan suara, dan masih banyak lagi fitur yang ada pada WhatsApp.

Hal itulah yang membuat WhatsApp menjadi aplikasi yang populer karena fitur dan kemudahannya untuk berkirim pesan. Selain itu WhatsApp tidak menggunakan pulsa, namun menggunakan data internet sehingga relative lebih hemat.

Sejarah WhatsApp

WhatsApp didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton pada 24 Februari 2009, dulunya mereka merupakan karyawan Yahoo! Semua bermula pada Januari 2009 ketika Koum membeli iPhone, Koum menyadari potensi industry aplikasi di App Store (IOS). Kemudian, ia mendatangi seorang temannya bernama Alex Fishman untuk membahas aplikasi berkirim pesan yang dapat menunjukkan ‘status di samping nama individu’. Dsupaya idenya terwujud, Koum memerlukan seorang developer iPhone.

Fishman lalu memperkenalkannya kepada seorang developer iPhone asal Rusia yang ia temukan di RentACoder.com yaitu Igor Solomennikov. Dengan bermodalkan $ 400.000 yang dikumpulkan saat bekerja di Yahoo! ia membuat aplikasi yang diberi nama “WhatsApp” ia melegalkannya menjadi perusahaan WhatsApp Inc pada 24 Februari 2009 di California.

Namun, dalam prosesnya tidak berjalan dengan mulus karena WhatsApp kerap kali mengalami crash dan gagal beroperasi. Kemudian, Koum berniat menyerah dan menutup usahanya, namun Acton mendorongnya untuk bersabar dan tetap berusahan selama beberapa bulan kedepan.

Apple meluncurkan konsep notifikasi pada Juni 2009, yang kemudian Koum manfaatkan untuk pembaruan dan perubahan konsep notifikasi WhatsApp dan terciptalah WhatsApp versi 2.0. setelah itu, pada Agustus 2009 meluncurkan WhatsApp versi 2.0 dalam bentuk beta yang sukses.

WhatsApp dari Masa ke Masa

Kesuksesan WhatsApp 2.0 membuat Acton bergerak cepat mencari investor. Ia mengajak kelima temannya untuk berinvestasi $ 250.000 untuk pendanaan awal. Barulah pada 1 November Brian Acton resmi bergabung dengan WhatsApp dan menjadi co-founder. Masih di bulan yang sama, akhirnya WhatsApp resmi dirilis di App Store untuk iPhone. Lalu, dibulan Desember WhatsApp merilis fitur untuk mengirim file seperti foto untuk pengguna iPhone.

WhatsApp secara resmi masuk ke Blackberry Store pada bulan Januari 2010, kemudian pada bulan Agusutus WhatsApp tersedia untuk Android OS.pada awal tahun 2014 Facebook mengumumkan akan mngakuisisi WhatsApp senilai $ 19 milliar, yang menjadi pembelian terbesar dalam sejarah terkai akuisisi sebuah produk. Di bulan April 2011 WhatsApp menjadi salah satu 20 besar aplikasi top di App Store Amerika. Di bulan yang sama, Sequoia capital menginvestasikan miliaran dolar ke WhatsApp. di bulan Februari 2013 pengguna aktif WhatsApp mencapai hingga 200 juta, kemudian meningkat dua kali lipat pada bulan desember dan meningkat lagi di bulan April 2014 menjadi 500 juta.

Pada bulan November 2014 WhatsApp meluncurkan sistem eskripsi end-to-end yang bekerja sama dengan Open Whisper Systems. Kemudian, WhatsApp web diluncurkan pada januari 2015 yang bisa digunakan di browser dengan menyinkronkan QR kode. Di bulan berikutnya, fitur baru yaitu panggilan suara diluncurkan. Tahun berikutnya, WhatsApp meluncurkan fitur panggilan video diluncurkan untuk pengguna Android, iPhone, dan Windows. WhatsApp meluncurkan fitur status seperti fitur status yang ada pada Snapcat dan Facebook pada Februari 2017.

Brian Action yang merupakan co-founder WhatsApp meninggalkan WhatsApp dan memulai projek barunya Signal Foundation. Pada bulan November 2017, fitur baru untuk menghapus pesan diluncurkan. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pengguna menghapus pesan yang dikirim dengan jangka waktu 7 menit setelah pesan terkirim. Awal tahun 2018, WhatsApp kemudian meluncurkan WhatsApp Bisnis.  CEO dan pendiri WhatsApp Jan Koum menyusul rekannya Action meninggalkan WhatsApp yang kemudian posisinya digantikan oleh Chris Daniels. WhastApp terus mengembangkan dan menambahkan fitur serta kebijakan baru terkait WhatsApp.

Itulah dia informasi mengenai sejarah berdirinya WhatsApp serta perkembangannya dari masa ke masa. Namun, jika Anda menginginkan fitur yang lebih banyak dari WhatsApp biasa, Anda dapat menginstall WhatsApp Mod yang menyediakan fitur-fitur yang lebih banyak.