munasprok
Search
Close this search box.

Daftar Nama Pahlawan yang Dijadikan Mata Uang di Indonesia Keluaran Terbaru

Sepertinya Anda sudah memiliki uang dengan keluaran terbaru, namun belum mengetahui siapa saja tokoh yang ada pada uang tersebut. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa uang dengan keluaran terbaru sebenarnya tidak berbeda jauh dengan mata uang di diluncurkan sebelumnya, karena memang sama-sama menggunakan gambar pahlawan nasional Indonesia.

Sedangkan di bagian belakangnya juga masih sama yaitu kebudayaan Indonesia seperti gambar tarian, flora dan pemandangan alam. Tak hanya itu, letak gambar garuda pun masih  sama yaitu di sisi sudut kanan atas yang mana hanya berbeda corak warna. 

Lalu, siapa tokoh yang dijadikan mata uang terbaru? Nah, penasaran kan? Berikut ini kami telah menyajikan daftar nama pahlawan yang dijadikan mata uang di Indonesia keluaran terbaru, antara lain:

 

1. Tjut Meutia

Pecahan uang kertas dengan nominal Rp 1000 mencantumkan gambar Tjut Meutia. Beliau merupakan seorang pahlawan wanita yang diketahui berasal dari Aceh. Tjut Meutia terkenal karena sangat aktif dan gigih dalam melindungi tanah air dan rakyat pada masa penjajahan.

 

2. Mohammad Hoesni Thamrin

Pecahan uang selanjutnya yaitu Rp 2.000 mencantumkan gambar pahlawan bernama Mohammad Hoesni Thamrin. Beliau merupakan seorang politisi pada masa Hindia Belanda sehingga diberikan gelar pahlawan nasional.

 

3. Dr. K.H. Idham Chalid

Uang dengan nominal Rp 5.000 mencantumkan tokoh bangsa sekaligus tokoh agama yang sangat aktif di organisasi NU (Nahdlatul Ulama), yaitu Dr. K.H. Idham Chalid. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai tokoh deklarator PPP (Partai Persatuan Pembangunan) serta menjadi salah satu tokoh politisi penting.

Sebelumnya, Dr. K.H. Idham Chalid ini juga menjabat sebagai wakil perdana menteri pada kabinet Djuanda serta pernah menjabat sebagai menteri serta menjadi ketua DPR dan MPR.

 

4. Frans Kaisiepo

Pecahan uang selanjutnya yaitu Rp 10.000 mencantumkan gambar pahlawan yang bernama Frans Kaisiepo. Beliau merupakan tokoh nasional dan politikus yang diketahui menjabat sebagai gubernur di Papua. Sehingga, pada tahun 1993 akhirnya Frans Kaisiepo diberikan gelar pahlawan nasional karena keberhasilannya dalam menyatukan kembali wilayah Irian Barat dengan Indonesia.

 

5. Dr. G.S.S.J. Ratulangi

Dr. G.S.S.J. Ratulangi dikenal sebagai tokoh pahlawan multidimensional Indonesia. Sebelumnya, beliau merupakan seorang guru, jurnalis dan politikus yang diketahui berasal dari Sulawesi Utara. Tokoh pahlawan ini menjadi gambar pecahan uang dengan nominal Rp 20.000.

 

6. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Pecahan uang dengan nominal Rp 50.000 mencantumkan gambar tokoh pahlawan yang bernama Djuanda Kartawidjaja. Beliau merupakan seorang perdana menteri Indonesia yang terakhir atau lebih tepatnya pada urutan ke-10.  Ir. H. Djuanda Kartawidjaja menjabat pada tahun 1957-1959 yang kemudian menjadi menteri keuangan setelah bergabung dengan kabinet kerja I.

 

7. Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta

Pada uang dengan nominal terbesar mencantumkan gambar Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta yaitu dengan nominal Rp 100.000. Seperti yang Anda ketahui, keduanya merupakan tokoh proklamator serta presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia. 

Itulah daftar nama pahlawan yang dijadikan mata uang di Indonesia keluaran terbaru. Perlu Anda ingat bahwa gambar tokoh pahlawan dari Ketujuh pecahan uang tersebut merupakan suatu hal yang perlu diapresiasi. Pasalnya mereka menjadi tokoh yang sangat berpengaruh dalam perkembangan bangsa kita.  

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Didukung Oleh :

Postingan terakhir

Event Spesial

Ikuti berbagai event yang kami selenggarakan