Cara Terbaru Aktivasi Windows 11 Dengan Mudah dan 100% Work!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

cara aktivasi windows 11

Windows 11 merupakan OS terbaru besutan Microsoft yang menjadi penerus dari Windows 10. Windows 11 mengalami perubahan-perubahan visual yang cukup menarik, sama seperti versi Windows lainnya. Start menu dan Taskbar yang berubah ke tengah mirip seperti sistem operasi Mac OS ini lah yang menjadi salah satu perubahan yang paling menonjol.

Tidak hanya itu, sudut-sudut jendela seperti Start Menu dan File Explorer juga terlihat melengkung selaras dengan konsep Fluent Design yang diterapkan di Windows 11. Tentu hal ini berbeda dengan yang ada di Windows 10, dimana ujung-ujungnya dibuat lancip. Selain itu, icon baru yang turut hadir juga ikut memperindah desain Windows 11 sehingga menjadi lebih menyegarkan dan impresif.

Cara aktivasi windows 11

Ada dua hal yang perlu kamu lakukan saat ingin mengaktivasi Windows 11. Yang pertama adalah mematikan antivirus pada laptop atau komputer dan yang kedua adalah melakukan aktivasi menggunakan tool activator. Untuk cara mematikan antivirus dan cara aktivasi menggunakan tool activator windows 11 bisa langsung kamu simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Mematikan Antivirus atau Security

Berikut ini langkah-langkah mematikan antivirus, sebelum memulai proses aktivasi Windows 11:

1. Kamu perlu mengecek terlebih dahulu apakah Windows 11 sudah diaktivasi atau belum. Caranya yaitu dengan membuka Start Menu kemudian ketik “activation”, lalu pilih Activation settings.

2. Windows 11 yang belum diaktivasi akan terlihat tulisan Windows is not activated.

3. Saat ingin mengaktifkan Windows 11, kamu sangat diwajibkan untuk mematikan antivirus bawaan Windows terlebih dahulu. Caranya buka Start Menu kemudian ketik “threat” kemudian pilih Virus & threat protection, lalu pilih Manage settings.

4. Selanjutnya kamu perlu mematikan fitur security (Real-time protection dan Cloud-delivered protection), caranya dengan mengklik tombol On lalu diubah menjadi Off.

5. Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi “ Do you want to allow this app to make changes to your device, Windows security”, kamu tinggal pilih Yes.

6. Jangan lupa juga untuk mematikan fitur Automatic sample submission dan Tamper protection.

2. Cara aktivasi Windows 11

Setelah antivirus dimatikan, kamu bisa lanjut untuk aktivasi Windows 11. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendownload tool activator Windows 11 di google. Namun, tool activator ini sebenarnya merupakan kumpulan script Command Prompt, jadi kamu tidak perlu menginstalnya di laptop atau komputer kamu.

2. Langkah selanjutnya yaitu klik kanan file activatornya, kemudian pilih Run as administrator.

3. Tunggu beberapa saat dan akan muncul jendela Command Prompt, masukkan angka 2 untuk melakukan aktivasi Windows 11.

4. Tunggu proses aktivasi Windows 11 hingga selesai sampai muncul tulisan berwarna hijau pada jendela Command Prompt. Nanti muncul tulisan Windows 10 Pro tapi tidak perlu kamu pikirkan, karena tool aktivator ini memang bisa digunakan untuk aktivasi Windows 10 ataupun Windows 11.

5. Untuk memastikan kembali apakah Windows 11 sudah diaktivasi, masuk ke menu Activation dan jika Windows 11 sudah berhasil diaktivasi maka akan muncul tulisan Windows is activated..

Cara lain untuk mengaktivasi Windows 11

Selain cara diatas ada cara lain lagi yang bisa kamu gunakan untuk aktivasi Windows 11, berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Lisensi

Kamu perlu menyiapkan lisensinya terlebih dahulu. Lisensi yang dimaksud disini tentunya adalah lisensi yang resmi. Pastikan juga bahwa lisensinya sudah sesuai dengan versi Windows 11 yang kamu gunakan. Lisensi tersebut ada Pro, Home, Education, dan Workstation.

Lisensi yang umumnya digunakan personal adalah Pro dan Home, silahkan kamu cek lisensi yang kamu gunakan. Kemudian untuk mengetahui versi Windows 11, bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik menu icon folder yang ada di taskbar bawah Windows, dan selanjutnya cek di bagian kiri, klik kanan This PC kemudian pilih Properties.
  • Geser ke bagian bawah, dan nanti ada kolom Windows Specification. Cek pada Edition, di sana akan tertera versi Windows 11 yang kamu gunakan.

2. Buka menu settings

Catat atau salin lisensi yang tertera di kolom Windows Specification tadi untuk dimasukkan nanti dalam proses aktivasi. Langkah selanjutnya adalah buka menu Settings, dan masuk ke halaman Update & Security. Setelah masuk ke halaman Update & Security, pilih opsi Activation yang ada di kolom menu bagian kiri.

Untuk melakukan aktivasi Windows 11, klik opsi Change Product Key yang akan kamu temukan di halaman Action. Tunggu sebentar dan akan muncul sebuah kolom, isi kolom tersebut dengan kode lisensi Windows 11 yang sudah kamu catat atau salin tadi dan klik Next. Langkah selanjutnya, kamu bisa langsung mengikuti panduan yang diberikan oleh Windows 11 dan jika sudah selesai cukup konfirmasi dengan klik tombol Activate. Dan proses aktivasi Windows 11 sudah selesai.

Demikian pembahasan mengenai cara aktivasi Windows 11, semoga bermanfaat.