Minimalisasi Kesalahan, Ini Cara Mengukur Gorden dengan Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Gorden adalah salah satu elemen penting untuk dekorasi ruangan kamu. Selain fungsi estetisnya, gorden juga berfungsi untuk menghalangi cahaya matahari berlebih dan dapat digunakan sebagai penyaring debu supaya tidak masuk ke dalam rumah.

Saat memilih gorden, biasanya kita akan percayakan ukurannya kepada para penjual. Namun, sebagai konsumen kamu juga bisa mengukurnya sendiri. Ini bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi kesalahan dalam pembelian dan supaya kamu terhindar dari penipuan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat membeli gorden, kamu bisa simak tips berikut.

  1.   Ukur Panjang dan Lebar Jendela

Sebagai langkah awal sebelum membeli gorden, kamu bisa melakukan perhitungan terlebih dahulu. Hitung panjang dan lebar jendela yang ingin kamu pasang gorden.

Kamu bisa mengukurnya dari sisi terluar dari jendela. Sebagai contoh, panjang jendela kamu adalah 1,2 meter dengan lebar 0,4 meter.

  1.   Tambahkan Ukuran kanan dan Kiri

Dari ukuran jendela yang telah kamu dapat, tambahkan 0,2 meter di bagian kanan dan kirinya. Ini dilakukan karena lebar gorden biasanya lebih lebar dari ukuran jendela supaya lebih estetis.

Agar jendela dapat tertutup dengan sempurna, kamu bisa memasang rel atas gorden dengan cara menjorok ke luar. Ini juga dapat dilakukan untuk menjaga privasi bagi pemilik rumah.

  1.   Tambahkan Ukuran Atas dan Bawah

Tidak hanya lebar gorden, kamu juga harus menambahkan ukuran gorden dari tinggi jendela. Untuk ketinggian gorden, kamu bisa menambahkan ukuran sepanjang 0,1 meter.

Penambahan pada bagian atas berfungsi untuk memberikan ruang antara puncak jendela dengan rel gorden. Sedangkan penambahan pada bagian bawah dilakukan untuk memastikan seluruh kaca dapat tertutup dengan sempurna oleh gorden.

Untuk panjang pada bagian bawah gorden dapat kamu sesuaikan dengan keinginan dan selera kamu sebagai pemilik jendela.

  1.   Tentukan Perbandingan Ukuran Kain

 Agar gorden tampak lebih cantik saat terpasang di jendela, kamu bisa menggunakan gorden dengan bentang kain selebar dua kali ukuran jendela. 

Namun, jika jendelamu memiliki ukuran yang sangat besar, kamu bisa menggunakan perbandingan 1:2,5 hingga 1:3 agar lipatan tidak terlihat terlalu kecil.

  1. Perhatikan Lebar Bahan Gorden

Di pasaran, ada banyak gorden dengan lebar yang berbeda-beda. Kamu bisa menemukan gorden dengan lebar 1,2 meter, 1,4 meter, dan 1,5 meter.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa lebar kain gorden yang sebenarnya adalah 2,4 meter. Namun, ukuran ini biasanya hanya tersedia untuk gorden berbahan kain seprei.

Oleh karena itu, untuk menyesuaikan kebutuhan jendela kamu, terkadang memang membutuhkan sambungan dari atas ke bawah.

  1. Cara Mengukur Kebutuhan Kain Gorden

Setelah melakukan perhitungan sesuai tips-tips di atas, kamu bisa memilih tipe kain gorden dengan lebar 1,5 meter. Maka perhitungannya seperti di bawah ini.

Panjang Bahan = (Lebar jendela x koefisien bahan) x tinggi jendela : lebar kain

Jika lebar jendela 0,6 meter dan tinggi jendela 1,5 meter maka kamu membutuhkan kain sepanjang 1,2 meter untuk membuat gorden.

Dengan angka yang kamu temukan ini, kamu bisa membulatkannya ke angka 1,5 meter agar ketersediaan bahan tetap terjamin.

Untuk mengetahui biaya yang akan kamu keluarkan, kamu bisa mengalikannya dengan harga kain tirai per meter.

Cara Mengukur Vitrase

Vitrase juga menjadi bagian yang penting dalam pemasangan gorden. Kain tipis putih ini biasanya dipasang di antara jendela dan gorden. 

Teksturnya berenda atau berlubang yang memungkinkann cahaya matahari masih bisa masuk ke dalam rumah. Meski demikian, orang di luar rumah masih bisa melihat objek di dalam bangunan.

Untuk menentukan ukuran vitrase, kamu bisa menggunakan cara seperti ketika mengukur gorden. Hanya, kamu bisa turunkan perbandingan lebar dan tinggi kainnya menjadi 1:1,5 atau 1:1. Ini karena vitrase tidak berbentuk lipatan dan dapat dipasang sesuai dengan ukuran jendela asli.

Demikian adalah informasi mengenai cara mengukur gorden. Jika kamu ingin mengganti gorden di rumah atau kantor, kamu bisa mendapatkannya di Raja Gorden yang menjual gorden dengan kualitas premium dengan berbagai bahan dan ukuran.