SEMARAK PROKLAMASI

Dalam rangka merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Museum Perumusan Naskah Proklamasi akan melaksanakan kegiatan berbasis online untuk seluruh masyarakat Indonesia bertajuk “ProklamAksi di Medsosmu”. Kegiatan ini adalah wujud realisasi dari upaya Museum Perumusan Naskah Proklamasi untuk membangkitkan kembali semangat nasionalisme seluruh rakyat Indonesia terutama para generasi muda yang seiring dengan perkembangan zaman telah tumbuh begitu dekat dengan kemajuan teknologi informasi. Era dimana para pemuda telah terpapar oleh begitu derasnya informasi tanpa batas yang mau tidak mau banyak mempengaruhi pola pikir, gaya hidup dan cara pandang baik atas kehidupan individu maupun kehidupan sosial bermasyarakat dan berbangsa. Oleh karena itu, sebagai bagian dari pelaksanaan tugasnya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang peristiwa penting proklamasi kemerdekaan, Museum Perumusan Naskah Proklamasi berupaya menjadikan media sosial berbasis online sebagai media interaktif yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air yang mendalam dan memberi dampak positif terhadap rasa kebanggaan atas perjuangan bangsa dan para pahlawannya dalam meraih kemerdekaan.

Kegiatan ini terdiri dari serangkaian parade foto dan video yang harus diunggah secara online oleh para peserta ke beberapa pilihan saluran media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path dan Youtube. Parade foto yang pertama adalah “Cinta Indonesiaku”. Parade foto ini mensyaratkan peserta mengunggah foto yang memperlihatkan kecintaan mereka kepada Indonesia. Tema foto dapat berupa bangunan bersejarah, kekayaan budaya ataupun kekayaan alam nusantara. Parade Foto selanjutnya bertajuk “Cinta Pahlawan” yang meminta peserta mengirim foto yang menunjukan kecintaan pada para pahlawan. Objek foto dapat berupa papan nama jalan, bandara, gedung atau nama kawasan atau apapun yang mengandung nama pahlawan. Sedangkan untuk video dokumentasi atau Vlog Proklamasi yang harus diunggah peserta adalah video mengenai tempat-tempat bersejarah di Indonesia. Objek video dapat berupa museum, rumah bersejarah, tempat bersejarah, kawasan bersejarah, tugu bersejarah, monumen bersejarah atau wawancara dengan pelaku sejarah yang berhubungan dengan sejarah perjuangan bangsa periode 1942-1949.

Hasil foto dan video yang dikirimkan sebelum tanggal 2 Agustus 2017 akan dipamerkan pada kegiatan semarak proklamasi “Napak Tilas” yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2017 dan akan terus ditampilkan pada akun-akun resmi media sosial Museum Perumusan Naskah Proklamasi sepanjang bulan Agustus 2017.

Kegiatan berbasis online ini diharapkan dapat menjadi media bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengekspresikan rasa cinta tanah air dan kebanggaan atas perjuangan bangsa serta turut berpartisipasi dalam menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan tanpa terkendala batasan jarak dan waktu.