Pelaksanaan Babak Final Lomba Penulisan Esai Tingkat SMA/Sederajat Se-Jabodetabek

Babak Final Kegiatan Lomba Penulisan Esai tingkat SMA Se-Jabodetabek telah dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018 di Auditorium Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Sejak pukul 8 pagi, seluruh peserta yang terdiri dari 10 orang finalis telah melakukan registrasi dan mendapatkan nomor urut untuk tampil di depan dewan juri yang terdiri dari para praktisi sejarah, pendidikan dan kebahasaan yaitu Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum, Dr. Luh Anik Mayani, M.Hum, dan Dr. Dewaki Kramadibrata, M.Hum. Para finalis diminta untuk mempresentasikan hasil penulisan esai mereka dan mempertahankan opini serta argumentasi mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan juri terkait isi dari esai mereka. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada pertemuan Taklimat yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2018, presentasi para finalis akan dinilai berdasarkan beberapa kriteria penilaian sebagai berikut:

  1. Penampilan (10 %)
  2. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (20 %)
  3. Alur Logika Pemaparan (25 %)
  4. Kemampuan Mempertahankan Argumentasi Esai (30 %)
  5. Etika dan kepercayaan diri dalam pemaparan dan menjawab pertanyaan (15 %)

Sedangkan untuk hasil penilaian akhir, komponen penilaian terdiri dari total penilaian penulisan esai yang diberi bobot 60 % dan penilaian presentasi dengan bobot 40 %.

Berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri, maka dengan ini diumumkan hasil akhir para pemenang Babak Final Lomba Penulisan Esai Tingkat SMA Se-Jabodetabek yang diadakan oleh Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai berikut:

JUARA 1                        Aishya Rannan

JUARA 2                        Gadang Ali Syariati Pradono

JUARA 3                        Rionanda Dhamma Putra

JUARA HARAPAN 1         Zikra Mulia Irawati

JUARA HARAPAN 2         Michael Christian Budianto

JUARA HARAPAN 3         Michael Aditya Dharma

JUARA NOMINASI           Faqihah Husnul Khatimah

JUARA NOMINASI           Steven Aditya Pratama

JUARA NOMINASI           Brigitta Eva Sonya S.

JUARA NOMINASI           Irsan Nur Hidayat

Demikian pengumuman pemenang ini disampaikan kepada seluruh peserta. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Kepada seluruh peserta yang telah menyerahkan karya penulisan esainya kepada panitia, kami mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan upayanya untuk turut berpartisipasi pada lomba ini. Semoga seluruh pemikiran dan saran para peserta yang tertuang dalam karya mereka menjadi peran nyata generasi muda penerus bangsa saat ini dalam mengisi kemerdekaan demi masa depan bangsa yang lebih baik.