PAMERAN BERSAMA di TAMAN MINI INDONESIA INDAH, 17-21 APRIL 2016

Perjalanan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan tidak dapat dilepaskan dari tempat-tempat yang menjadi saksi peristiwa-peristiwa bersejarah, salah satunya adalah gedung yang beralamat di Jl. Imam Bonjol No. 1. Di gedung yang kemudian menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi inilah, para founding fathers berkumpul untuk merumuskan suatu konsep yang kemudian dikenal sebagai naskah proklamasi kemerdekaan pada 16-17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan yang kemudian dibacakan telah menjadi satu peristiwa penting tentang lahirnya sebuah negara besar di kancah dunia.

Penetapan gedung tersebut sebagai museum adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk merevitalisasi bangunan bersejarah menjadi tempat pelestarian nilai-nilai yang terkandung adalam sejarah perumusan naskah proklamasi untuk kepentingan generasi muda. Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai museum sejarah memiliki tugas yang salah satunya adalah menyebarluaskan informasi museum serta memberikan bimbingan edukasi kultural mengenai nilai sejarah, budaya, dan ilmiah tentang sejarah perumusan naskah proklamasi.

Sebagai salah satu cara penyebarluasan informasi museum, maka “Pameran Bersama di Taman Mini Indonesia Indah”, 17-21 April 2106 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang sejarah bangsa bagi masyarakat, terutama generasi muda sehingga diharapkan dapat memperkuat rasa nasionalisme pada negeri kita tercinta