Lomba Pendukungan Hari Pendidikan Nasional (Paduan Suara Tingkat SD)

Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan salah satu museum sejarah yang memiliki nilai-nilai historis dalam proses kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu museum dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya selalu mengacu pada fungsi dan tugas pokok.

Sebagai cara untuk mewujudkan tugas dan fungsi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yaitu melakukan publikasi dan promosi maka pada Tahun Anggaran 2019, Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan kegiatan “Lomba Pendukungan Hari Pendidikan Nasional”. Bentuk lomba yang akan dilaksanakan adalah Lomba Paduan Suara Tingkat SD.

Museum juga berkomitmen untuk menghadirkan program inspiratif dan edukatif kepada keluarga dan anak-anak, dalam hal ini siswa SD sederajat untuk merasakan pengalaman yang seimbang antara seni musik, ilmu pengetahuan dan kreatifitas seni suara.

Paduan suara merupakan salah satu bentuk ungkapan pikiran dan perasaan seseorang. Melalui lagu-lagu perjuangan, dapat membantu anak mengembangkan diri baik fisik, intelegensi, emosi maupun sosial. Menurut ahli pendidikan, usia 4-12 tahun merupakan masa emas bagi anak untuk menerima rangsangan dari luar untuk perkembangan dirinya. Lagu perjuangan, dapat menjadi pendorong perkembangan musikalitas anak sejak dini.

Narasumber dan juri yang terlibat dalam kegiatan ini adalah para pemangku kepentingan dan profesional dibidangnya. Mereka antara lain :

Narasumber : Drs. Wimbuh Nugroho, M.Pd. (Kelompok Kerja Guru-SD DKI Jakarta)

Juri :

Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd. (Universitas Negeri Jakarta);

Yosep A. Rahman (Praktisi Musik);

Dra. Lily Voliyanti (SMPN 216)

.

Diharapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh 150 orang pelajar SD sederajat di wilayah DKI Jakarta. Untuk ketentuan lomba dapat dilihat disini