Sosialisasi Museum Bersama 2018 di Kabupaten Banyumas

Sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2015, museum adalah adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. Pernyataan ini mengandung makna bahwa keberadaan museum seharusnya dapat dirasakan manfaatnya seluas-luasnya bagi seluruh rakyat Indonesia walaupun  terkendala dengan jarak yang jauh bagi masyarakat untuk dapat menjangkaudan berkunjung ke museum itu sendiri. Menjawab tantangan ini, museum-museum di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang terdiri dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi bekerjasama dengan Museum Sumpah Pemuda, Museum Benteng Vredeburg, dan Museum Basoeki Abdullah mengadakan kegiatan Sosialisasi Museum Bersama 2018 di Kabupaten Banyumas. Dengan arahan dan bantuan teknis yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3-5 April 2018 ini menjangkau ribuan siswa dari 24 sekolah di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas.

Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Museum Bersama 2018 ini bertujuan agar dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat di seluruh Indonesia terutama para pelajar, generasi penerus bangsa yang masih mengalami kesulitan untuk dapat mengunjungi museum-museum yang pengelolaannya di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia secara langsung di DKI Jakarta. Pada kegiatan ini para pelajar diperkenalkan kepada lokasi, bangunan, serta peristiwa bersejarah dibalik keberadaan museum-museum tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman para siswa terhadap sejarah bangsa serta para pahlawan dan tokoh perjuangan yang berperan di dalamnya. Hal yang terpenting dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap museum dan menarik minat mereka untuk berkunjung ke museum serta mengambil manfaat ilmu dari museum sebagai pusat pembelajaran sejarah bangsa yang akhirnya akan meningkatkan  rasa patriotisme dan nasionalisme yang kuat.    

Kegiatan Sosialisasi Museum Bersama ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang berkseninambungan untuk dapat menjangkau wilayah-wilayah di seluruh Indonesia sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat terutama pelajar sebagai upaya mendukung program kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sehingga akhirnya dapat membantu membentuk karakter generasi penerus bangsa yang memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme yang kuat.






Komentar

Berita Lain

Copyright © 2018 Museum Perumusan Naskah Proklamasi