Pameran Keliling Museum Perumusan Naskah Proklamasi 2018 di Jawa Timur

Sejarah perjuangan bangsa merebut kemerdekaan dari penjajah hingga mencapai momentum puncak yaitu peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan sejarah penting bagi bangsa ini yang patut diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Museum Perumusan Naskah Proklamasi berusaha menjangkau seluruh rakyat Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk memberikan pemanduan, penyuluhan, dan pelayanan edukasi lainnya yang berhubungan dengan benda bernilai sejarah perumusan naskah proklamasi seperti yang telah diamanahkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan NO. 43 Tahun 2016. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan mengadakan kegiatan Pameran Keliling di Jawa Timur dengan tema, “Museum Sebagai Pembangkit Nasionalisme”

Pameran Keliling merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan beberapa kali dalam satu tahun. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana pengenalan keberadaan Museum Perumusan Naskah Proklamasi kepada masyarakat di wilayah-wilayah Indonesia yang sekiranya masih sulit untuk berkunjung ke gedung museum di Jakarta. Selain itu juga sebagai media pembelajaran peristiwa sejarah terkait lahirnya naskah Proklamasi Kemerdekaan RI mulai dari persiapan, perumusan, pengetikan, hingga pengesahan dan penandatangan naskah. Road Show Pameran Keliling Tahun Anggaran 2018 ini diawali di Jawa Timur. Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 26-29 Maret 2018 dan berlokasi tepatnya di Gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur.

Pameran Keliling ini memamerkan panel-panel yang berisi teks maupun foto-foto tentang masa pendudukan Jepang, Gedung Pancasila, rumah bersejarah di Rengasdengklok, tokoh-tokoh yang hadir dalam peristiwa perumusan, peristiwa pembacaan naskah proklamasi, rapat IKADA, masa mempertahankan kemerdekaan, pengakuan kedaulatan serta tokoh-tokoh berasal dari Jawa Timur yang hadir dalam perumusan naskah Proklamasi. Selain menikmati pameran, pengunjung juga dapat mencoba sarana edukasi museum digital yang menarik dan interaktif berisi informasi umum tentang sejarah dan gedung Museum Perumusan Naskah Proklmasi dan tokoh-tokoh serta komik tokoh digital. Selain itu, akan ada juga permainan dan kuis-kuis berhadiah souvenir khas museum setiap harinya.

Melalui kegiatan Pameran Keliling ini, diharapkan masyarakat lokal terutama dari kalangan pelajar dan guru SD, SMP, SMA sederajat dapat lebih mengenal sejarah perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dan merasakan manfaat dari keberadaan Museum Perumusan Naskah Proklamasi secara nyata. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menanamkan nilai dan arti penting perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan. Sehingga akhirnya dapat menumbuhkan rasa patriotisme serta membangkitkan rasa nasionalisme dalam karakter para generasi penerus bangsa yang kuat di masa kemerdekaan ini. Catat tanggalnya dan kami tunggu kedatangannya ya. Yuk ke Munasprok!

                                                                     






Komentar

Berita Lain

Copyright © 2018 Museum Perumusan Naskah Proklamasi