INOVASI PEMASARAN MUNASPROK: SMS BLAST AKAN MENGJANGKAU LEBIH BANYAK PENGUNJUNG

Sudah merupakan suatu hal yang lumrah jika suatu produk komersil berusaha dipasarkan dengan menggunakan berbagai cara agar dapat dikenal masyarakat dan laku di pasaran. Bagaimana halnya dengan museum yang dikelola oleh pemerintah yang sudah jelas tugas dan fungsinya agar dapat memberikan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih lagi jika tugas dan fungsinya ditetapkan untuk menjadi pusat pembelajaran sejarah penting perjuangan bangsa dalam merumuskan naskah Proklmasi Kemerdekaan RI sebagaimana tugas dan fungsi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.38 Tahun 2015. Tentunya hal ini menjadi suatu kewajiban agar Museum Perumusan Naskah Proklamasi dapat dipasarkan ke seluruh lapisan masyarakat agar dapat lebih dikenal, dikunjungi dan menjadi manfaat bagi kehidupan bangsa di masa kemerdekaan ini. Salah satu terobosan upayanya adalah dengan memanfaatkan layanan SMS Blast yaitu layanan SMS berbayar bekerjasama dengan tiga provider jaringan telekomunikasi GSM utama di Indonesia yang akan menjangkau lebih banyak calon pengunjung museum.

Layanan SMS Blast ini akan disebarkan melalui tiga provider GSM utama yaitu TELKOMSEL, INDOSAT dan XL secara bergantian. Sebanyak 4000 SMS akan disebar setiap minggunya pada hari Jumat atau beberapa hari sebelum masa liburan sekolah untuk mengajak masyarakat agar berkunjung ke museum dan menikmati berbagai fasilitas yang tersedia pada akhir pekannya atau masa liburan sekolahl bersama keluarga dan kerabat. Penyebaran SMS dilakukan di dua titik tempat yang berbeda setiap minggunya agar dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat. Untuk itu, penentuan titik penyebaran SMS dimulai dari lokasi terdekat dengan Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan kemudian berlanjut ke titik-titik yang berbeda hingga menjangkau seluruh wilayah Jabodetabek. Jangkauan SMS Blast ini juga dapat diperluas ke seluruh wilayah Indonesia jika Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan kegiatan Pameran Keliling di daerah yang bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat setempat untuk berkunjung ke pameran yang sedang berlangsung. Oleh karena itu dengan adanya layanan SMS Blast ini diharapkan dapat lebih mendukung kesuksesan kegiatan pameran keliling ini sebagai sosialisasi pengenalan museum yang dilakukan secara berkesinambungan setiap tahunnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang belum bisa berkunjung ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jakarta.

Kegiatan pemasaran Museum Perumusan Naskah Proklamasi melalui layanan SMS Blast ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat sehingga mereka dapat mengenal, mengunjungi, memanfaatkan museum sebagai fasilitas dan tujuan wisata edukasi sehingga akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap keberadan Museum Perumusan Naskah Proklamasi itu sendiri sebagai bagian penting dari sejarah kemerdekaan bangsa dan pada akhirnya memberi hasil yang signifikan dalam meningkatkan jumlah kunjungan museum. Ayo ke Munasprok!

 

   






Komentar

Berita Lain

Copyright © 2018 Museum Perumusan Naskah Proklamasi