Penggantian Koleksi Masa Pendudukan Jepang

Apa yang anda rasakan jika setelah beberapa kali datang ke museum tidak ditemukan perubahan sedikitpun baik dari koleksi yang dipamerkan ataupun tata pamernya itu sendiri? Seperti akan membosankan bukan? oleh karena itu, Museum Perumusan Naskah Proklamasi secara berkala melakukan penggantian koleksi yang dipamerkan sebagai upaya menarik pengunjung untuk datang kembali ke museum.

Hari ini Museum Perumusan Naskah Proklamasi melakukan perubahan pada tata pamer koleksi museum sebagai bagian dari pelaksanaan tugasnya dalam menyajikan benda-benda bersejarah seputar peristiwa perumusan naskah Proklamasi. Tim tata pamer dan konservasi museum melakukan pergantian pemajangan beberapa koleksi di ruang masa pendudukan Jepang yang terdiri dari koleksi masa Jepang yaitu Replika Majalah Djawa Baroe dan mata uang masa Jepang dengan nominal ½, 1, 5, 10 dan 100 rupiah menggantikan koleksi yang terpajang sebelumnya yaitu buku-buku sejarah berjudul Perang Asia Timur RayaOperasi Intelijen Tentara Jepang di Asia Tenggara Selama Masa Perang Dunia II, Menyingkap Dinas Rahasia Jepang Kempei Tai, Tentara Gemblengan Jepang, Yamamoto dan Jejak Intel Jepang.

Pergantian koleksi ini bertujuan agar koleksi yang telah lama dipajang dapat dikonservasi dan kemudian dilakukan proses digitalisasi. Selain itu juga agar koleksi yang dipajang tidak menjadi monoton sehingga akan selalu dilakukan penjadwalan koleksi untuk dipamerkan dalam kurun waktu tertentu sehingga semua koleksi yang dimilki museum dapat terus bergilir dan dapat dinikmati oleh publik.  


Download Lampiran : IMG-20180116-WA0006.jpg   [ 177 Kb ]



Komentar

Berita Lain

Copyright © 2018 Museum Perumusan Naskah Proklamasi