MEMPERCANTIK NASI TUMPENG DALAM RANGKA PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-73

Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai pusat pembelajaran sejarah perjuangan bangsa seputar peristiwa perumusan naskah Proklamasi RI, mengemban tugas dan fungsinya memberikan pemanduan, penyuluhan, dan pelayan edukasi lainnya sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan NO. 43 Tahun 2016. Oleh karena itu dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, Museum Perumusan Naskah Proklamasi bekerjasama dengan Komunitas Belantara Budaya Indonesia menyelenggarakan kegiatan publik berupa Lomba Manghias Tumpeng Perjuangan dengan tema “Perjuangan Merebut Kemerdekaan” untuk kategori peserta umum bertempat di teras belakang museum.

Kegiatan ini diikuti oleh para peserta dari seluruh wilayah DKI Jakarta sebagian besar berasal dari kalangan para ibu. Para peserta diminta untuk menghias nasi tumpeng yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan garnis yang sesuai dengan tema lomba yaitu perjuangan dalam merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah. Para peserta begitu antusias dalam mengikut lomba berusaha menghias tumpeng dengan indah dan menarik namun juga dapat memenuhi kriteria lomba yang telah ditetapkan juri. Hal ini dikarenakan kriteria penilaian juri tidak hanya berdasarkan hasil final dalam menghias namun juga tetap memperhatikan rasa dari tumpeng itu sendiri serta setiap hidangan tambahan atau side dish yang turut tersaji bersama dengan nasi tumpengnya.

Program publik yang melibatkan kepersertaan langsung dari masysarakat luas ini diharapkan dapat mempromosikan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sekaligus memberikan informasi mengenai pelayanan edukasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai sarana pembelajaran tentang sejarah perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan bangsa, khususnya dalam proses perumusan naskah proklamasi. Kegiatan ini diharapkan juga akan menjadi bagian dari program Pendidikan Penguat Karakter bagi seluruh masyarakat dalam membangun rasa nasionalisme dan patriotism yang kuat.

 






Komentar

Berita Lain

Copyright © 2018 Museum Perumusan Naskah Proklamasi