Munasprok berpartisipasi dukung Asian Games dalam Pameran Bersama UPT Museum Kemendikbud di Palembang

Museum secara definisi menurut ICOM (International Council of Museum) adalah “lembaga permanen yang tidak untuk mencari keuntungan (not-for-profit), diabdikan untuk kepentingan dan pembangunan masyarakat, serta terbuka untuk umum. Museum mengumpulkan, melestarikan, meneliti, mengkomunikasikan, memamerkan bukti-bukti bendawi manusia dan lingkungannya untuk tujuan pengajian, pendidikan, dan kesenangan”. Untuk itulah museum diharapkan dapat mengakomodir tujuan-tujuan pendiriannya secara relevan dengan kemajuan jaman, kebutuhan masyarakat maupun dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam lingkungan masyarakat atau bangsa dimana museum itu berada. Hal ini tercermin dalam keikutsertaan Museum Perumusan Naskah Proklamasi pada penyelenggaraan pameran Bersama UPT Museum di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema "Olahraga dari Masa ke Masa sebagai Penguat Karakter Bangsa" di Palembang dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018 sebagai bentuk nyata peran museum dalam kehidupan bangsa.   

 

Pameran bersama ini digelar di Gedung Pameran Temporer Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Palembang dari tanggal 31 Juli – 30 Agustus 2018. Masyarakat dan para sahabat museum dapat menikmati pameran sejak pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pameran bersama ini diselenggarakan atas kerjasama UPT Museum di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Nasional Indonesia, Museum Kepresidenan Balai Kirti, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dengan Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Museum A.K. Gani dan Balai Arkeologi Palembang. Koleksi-koleksi museum yang dipamerkan adalah berupa koleksi realia, replika, lukisan dan foto-foto pendukung peristiwa bersejarah besar bidang Keolahragaan. Selain mengunjungi anjungan pameran dari berbagai museum, masyarakat juga dapat akan dimanjakan oleh berbagai macam kegiatan pendukungan seperti seminar dan workshop. Khusus untuk para pelajar, mereka dapat mengikuti kegiatan-kegiatan seperti Belajar Bersama Museum, Lomba Melukis dan Mewarnai serta ajang Pentas Seni.

 

Pameran ini diharapkan tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat namun juga dapat menjadi ajang promosi kebudayaan dan sejarah bangsa bagi para official Asian Games dari seluruh negara-negara partisipan yang direncanakan akan dijadwalkan untuk mengunjungi museum. Secara umum pameran ini mengingatkan bahwa Indonesia telah dipercaya untuk menyelenggarakan perhelatan akbar bidang olahraga di Asia ini sebanyak dua kali sejak jaman kepemimpinan Presiden Soekarno. Diharapkan melalui pameran ini, masyarakat akan termotivasi untuk terus berkompetisi dan berjuang demi mengharumkan nama bangsa sekaligus dapat mengenal kebudayaan dan sejarah bangsa dengan mengunjungi museum. Terutama untuk para generasi penerus bangsa, diharapkan kunjungan dan kecintaan mereka pada museum akan menjadi tonggak awal pembentukan karakter yang akan membangun rasa patriotisme dan nasionalisme sebagai bagian dari jati diri bangsa yang optimis, kuat dan cerdas serta tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain.

 






Komentar

Berita Lain

Copyright © 2018 Museum Perumusan Naskah Proklamasi