Diskusi Tokoh "Ki Bagoes Hadikoesoemo"

Ki Bagoes Hadikoesoemo dilahirkan di Kampung Kauman Yogyakarta dengan nama R. Hidayat pada 11 Rabi’ul Akhir 1038 Hijriyah (24 November 1890) anak dari Raden Kaji Lurah Hasyim yang menjabat sebagai abdi dalem Lurah bidang keagamaan di Keraton Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Jabatan ini disebut Lurah Kaji. Hidayat dilahirkan di Kauman Jogjakarta pada tanggal 24 November 1890  yang merupakan anak ke-3 dari 5 bersaudara. Kampung Kauman adalah sebuah kampung kecil yang terletak di sebelah barat Alun-Alun Utara tidak jauh dari lokasi Keraton yang memangku Alun-Alun tersebut.

Ki Bagoes Hadikoesoemo adalah termasuk salah satu tokoh yang hadir dalam merumuskan naskah proklamasi pada tanggal 16 Agustus 1945 bersama tokoh-tokoh yang lainnya.

Maka dari itu, Museum Perumusan Naskah Proklamasi pada Kamis (2/3/2017) mengadakan kegiatan “Diskusi Tokoh Ki Bagoes Hadikoesoemo”. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang perjuangan tokoh Ki Bagoes Hadikoesoemo,  menanamkan rasa cinta museum kepada masyarakat luas dan memberikan inspirasi pengajaran dan pelayanan seoptimal mungkin. Kegiatan diskusi ini dihadiri oleh guru sejarah, mahasiswa, pelajar SLTA, komunitas dan instansi terkait  dengan jumlah peserta lebih kurang 90 orang.




Kembali Ke Daftar

Komentar

Copyright © 2017 Museum Perumusan Naskah Proklamasi