Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Gagasan tentang pemberian kemerdekaan terhadap wilayah-wilayah penguasaan Kekaisaran Jepang menjadi “penting” pasca kekalahan telak AL dalam Pertempuran Teluk Leyte. Jepang diambang kekalahan dan berubah dari pihak ofensif menjadi defensif.

.

1 Maret 1945, dibentuklah Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diberi tugas untuk merumuskan dasar-dasar untuk pendirian sebuah negara. .

.

Dalam perkembangannya, badan kemudian membentuk panitia kecil yang disebut Panitia Sembilan untuk merumuskan dasar negara. .

.

Sidang BPUPKI yang berlangsung pada 29 Mei-1 Juni 1945 membahas usulan dari Muh. Yamin, Soepomo dan Soekarno. Keputusan akhir rapat yang dipimpin Radjiman Wediodiningrat ialah disepakatinya usulan Soekarno yang disebut “Pancasila” sebagai dasar negara

.

74 tahun berselang, eksistensi Pancasila sebagai dasar negara mulai dipertanyakan seiring munculnya paham-paham lain yang hendak menggantinya. Pancasila bukan sekedar dasar negara, tapi ia adalah cerminan kehidupan bangsa Indonesia. .

.

Jadi apa makna Pancasila menurutmu ?