Diskusi Sosok dan Pemikiran Abikoesno Tjokrosoerjoso tokoh proklamasi dari Jawa Timur

Terwujudnya museum yang mampu melestarikan dan menanamkan nilai-nilai proklamasi bagi masyarakat dalam rangka memperkokoh jati diri, persatuan dan kesatuan bangsa edukasi dan rekreasi adalah visi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Salah satu misi utamanya ialah mewujudkan peran museum sebagai sarana informasl publikasi. Memenuhi kedua pernyataan tersebut Museum Perumusan Naslah Proklamasi mengadakan kegiatan diskusi ke daerah yang pernah menyaksikan secara langsung dengan detik – detik proklamasi yaitu Diskusi Sosok dan Pemikiran Abikoesno Tjokrosoerjoso tokoh proklamasi dari Jawa Timur di Sidoarjo.

Jawa Timur memraupakan salah satu tempat bersejarah yang mengalami perubahan besar saat menuju proklamasi. Daerah yabg selalu menjadi perebutan sejak agresi militer belanda I ini membuat rakyat yang bertempat tinggal disana tidak tinggal diam saat mereka mengalami penganiayaan, mereka memperhatikan dan belajar akan kondisi yang mereka mereka alami. Abikoesno Tjokrosojoso adalah salah satu tokoh pahlawan dari Jawa Timur yang cukup mengubah bangsa Indonesia menjadi Negara yang lebih kuat. Dengan berbekal pengetahuannya sebagai arsitektur, beliau menjadi arsitektur bangsa.

Adik dari H.O.S. Tjokroaminoto ini memiliki sikap yang tegas dan menerapkan pandangan hidup yang sangat besar untuk bangsa Indonesia. Beliau menjadi anggota BPUPKI dan turut serta dalam persiapan kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah membuat rancangan Pembukaan UUD bersama Panitia Sembilan. Beliau hadir saat Ir. Soekarno, Bung Hatta dan Mr. Ahmad Sobarjo membuat konsep naskah proklamasi di kediaman Laksamana Muda Tadasi Maeda.

Kegiatan yang dihadiri oleh 100 siswa dan 10 guru dari 10 sekolah di Sidoarjo dengan narasumber dari keluarga tokoh sendiri yaitu Ibu Reni Hendrarati, cucu dari Abikoesno Tjokrosoerjoso, dan Bapak Adrian yang adalah seorang pakar sejarah. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menanamkan semangat generasi muda dalam mempertahankan kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh tokoh pahlawan di masa lampau dan menanamkan nilai – nilai kesatuan bangsa yang sudah diangkat untuk Indonesia.