AGENDA KEGIATAN PUBLIK MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI T.A. 2019

No Kegiatan Lokasi Kegiatan Deskripsi Acara
1. Lomba Penulisan Metode Pembelajaran “Pemanfaatan Museum Sebagai Sarana Pembelajaran” Munasprok Kegiatan untuk menarik minat para pengajar SMA untuk dapat merancang metode pembelajaran sejarah sesuai tema yang diminta dengan cara yang menarik dan interaktif.
2 Lomba Poster Perjuangan Munasprok Kegiatan untuk menarik minat masyarakat umum untuk dapat menggali nilai-nilai perjuangan dalam meraih kemerdekaan dalam bentuk membuat poster perjuangan.
3 Lomba Pendukungan Hardiknas 2 Mei “Paduan Suara SD” Munasprok Kegiatan dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional dalam bentuk lomba paduan suara untuk siswa SD yang bertujuan mengenalkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.
4 Diskusi “70 Tahun  Pengakuan Kedaulatan Indonesia” Munasprok Bertujuan menanamkan nilai-nilai patriotisme  dan nasionalisme bagi para generasi muda melalui kegiatan diskusi tentang peristiwa-peristiwa sejarah bangsa selama perjalanan 70 tahun pengakuan kedaulatan RI.
5 Diskusi Pembentukan Kararkter Bangsa Munasprok Sebagai kegiatan pendukung program Pendidikan Penguat Karakter bagi para pendidik dan pelajar Tingkat SMP Se-DKI Jakarta.
6 Diskusi Tokoh Proklamasi di Jawa Timur Jawa Timur Bertujuan menanamkan nilai-nilai patriotisme  dan nasionalisme bagi para generasi muda di Jwa Timur dengan mengenal lebih dalam tokoh proklamasi melalui kegiatan diskusi.
7 Diskusi Tokoh Proklamasi di Jawa Barat Jawa Barat Bertujuan menanamkan nilai-nilai patriotisme  dan nasionalisme bagi para generasi muda di Jawa Barat dengan mengenal lebih dalam tokoh perjuangan melalui kegiatan diskusi.
8 Diskusi Ayo Ke Museum Tingkat TK Munasprok Menarik minat para pelajar TK untuk mengenal Museum Perumusan Naskah Proklamasi melalui kegiatan diskusi yang interaktif dan menarik.
9 Seminar Nasional “Pengabdian Untuk Negeri Munasprok Kegiatan seminar yang akan membahas tentang “Pengabdian Kepada Negeri” dalam mengisi kemerdekaan bangsa sebagai bentuk rasa cinta tanah air.
10 Pameran Keliling di Jawa Timur Jawa Timur Kegiatan pameran dengan konsep “menjemput bola” di daerah Jawa Timur untuk lebih mengenalkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai pusat pembelajaran sejarah perjuanagn bangsa dalam meraih kemerdekaan RI melalui koleksi dan program edukasi.
11 Pameran Keliling di Jawa Barat Jawa Barat Kegiatan pameran dengan konsep “menjemput bola” di daerah Jawa Barat untuk lebih mengenalkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai pusat pembelajaran sejarah perjuanagn bangsa dalam meraih kemerdekaan RI melalui koleksi dan program edukasi.
12 Pameran di DKI Jakarta “70 Tahun Pengakuan Kedaulatan” Munasprok Pameran perjalanan sejarah bangsa selama 70 tahun pengakuan kedaulatan sejak dikumandangkan hingga masa kemerdekaan saat ini.  Pameran ini bertujuan memberi pemahaman yang baik tentang nilai-nilai perjuangan para pahlawan serta peran generasi penerus dalam  membangun rasa nasionalisme dan petriotisme yang relevan untukmengisi kemerdekaan di masa kini.
13 Pameran TMII TMII Program pameran bersama museum-museum seluruh Indonesia di TMIIuntuk lebih mengenalkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai pusat pembelajaran sejarah perjuanngan bangsa dalam meraih kemerdekaan RI melalui pameran koleksi-koleksinya.
14 Pameran Keliling Jawa Tengah “Museum Goes To Campus di UNDIP” Jawa Tengah Program bersama museum-museum dibawah Ditjenbud sebagai kegiatan pameran dengan konsep “menjemput bola” di daerah Jawa Tengah untuk lebih mengenalkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai pusat pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan RI melalui pameran koleksi-koleksinya.
15 Penyuluhan ke sekolah di Jabodetabek Jabodetabek Program edukasi kepada para siswa SD-SMA di Jabodetabek untuk memperkenalkan keberadaan, fasilitas, manfaat, peran serta visi dan misi  Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Termasuk penjelasan mengenai sejarah Perumusan Naskah Proklamasi sebagai bagian penting dalam meraih kemerdekan RI.
16 Penyuluhan ke sekolah di Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Program edukasi kepada para siswa SD-SMA di Sulawesi Selatan untuk memperkenalkan keberadaan, fasilitas, manfaat, peran serta visi dan misi  Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Termasuk penjelasan mengenai sejarah Perumusan Naskah Proklamasi sebagai bagian penting dalam meraih kemerdekan RI.
17 Penyuluhan Sekolah Bersama ke Kepulauan Seribu DKI Jakarta Program bersama museum-museum dibawah Ditjenbud sebagai kegiatan  edukasi kepada para siswa SD-SMA di Kepulauan Seribu untuk memperkenalkan keberadaan, fasilitas, manfaat, peran serta visi dan misi  Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Termasuk penjelasan mengenai sejarah Perumusan Naskah Proklamasi sebagai bagian penting dalam meraih kemerdekan RI.
18 Napak Tilas Proklamasi Munasprok Kegiatan gebyar memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan semua elemen masyarakat dalam berbagai rangkaian kegiatan lomba, pertunjukan, pergelaran, pameran, pawai dan long march dari Museum Perumusan Naskah Proklmasi sampai Tugu Proklamasi.
19 Tapak Tilas Perjalanan Ki Bagoes Hadikoesoemo Yogyakarta Kegiatan pendukungan untuk memperingati hari kemerdekaan RI sebagai napak tilas perjuangan tokoh Ki Bagoes Hadikoesoemo dalam rangkaian peristiwa perumusan naskah proklamasi yang sekaligus akan menjadi ajang promosi dan publikasi museum dengan melibatkan peran serta para generasi muda di daerah DIY Yogyakarta.
20 Museum Keliling & Permainan Anak di Bangka Belitung Bangka Belitung Kegiatan pameran dengan konsep “menjemput bola” di Bangka Belitung sekaligus festival permainan anak untuk lebih mengenalkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai pusat pembelajaran sejarah perjuanagn bangsa dalam meraih kemerdekaan RI melalui koleksi dan program edukasi.
Pendukungan Kegiatan Pemerintah (Komunitas)
21 Pendukungan PNM (Penyuluhan Sekolah di Aceh) Aceh Kegiatan pendukungan dalam bentuk program edukasi kepada para siswa SD-SMA di Aceh untuk memperkenalkan keberadaan, fasilitas, manfaat, peran serta visi dan misi  Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Termasuk penjelasan mengenai sejarah Perumusan Naskah Proklamasi sebagai bagian penting dalam meraih kemerdekan RI.
22 Berkreasi Bersama Museum Munasprok Program publik dalam bentuk pendukungan kepada kegiatan-kegiatan komunitas yang dilaksanakan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai bentuk program edukasi sekaligus  publikasi museum kepada masyarakat.